FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 04-2019

    1108

    Menkominfo Bantah Isu Eksodus Warga Ke Luar Negeri Jelang 17 April 2019

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Rudiantara memberikan keterangan kepada jurnalis usai Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019 di Jakarta, Senin (15/04/2019). - (DPS)

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membantah kabar banyaknya warga negara Indonesia yang akan berlibur ke luar negeri menjelang Pemilu. Ia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh atas isu tersebut. Menurut Rudiantara, selama satu pekan terakhir, catatan reservasi penerbangan khususnya ke luar negeri justru normal.

    “Berdasarkan catatan, reservasi penerbangan itu normal, harga penerbangan juga normal (tidak berubah) selama minggu ini,” kata Menteri Rudiantara usai Rapat Koordinasi Kesiapan Akhir Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres 2019 di Jakarta, Senin (15/04/2019).

    Selain reservasi penerbangan yang terbilang normal seperti biasanya, hal yang sama juga dapat dilihat pada reservasi hotel.  Sebab kata Menteri Rudiantara, kurang lebih yang ke luar negeri sekitar 70 ribu, serta 74 ribu masuk ke dalam negeri. 

    “Kita di Indonesia kan wisatawannya banyak, jadi ada plusnya kan. Itu semua berjalan normal. Tidak ada lonjakan atau eksodus, ” ucap Menteri Rudiantara.

    Menteri Kominfo menambahkan bahwa secara grafik penerbangan mingguan ke luar negeri, maupun yang datang ke dalam negeri berjalan stabil. Artinya, tidak ada lonjakan angka-angka yang mengisyaratkan sebelum Pemilu ada eksodus.

    Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto menegaskan informasi terkait para pemilih yang ketakutan akan adanya ancaman kerusuhan, keos yang membuat rasa takut sehingga ke luar negeri adalah tidak benar.

    “Ternyata setelah kita teliti dengan semua usaha-usaha kita, penjelasan yang akurat kepada publik dari berbagai instansi, maka eksodus ke luar negeri tidak terjadi,” kata Wiranto di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta.

    Menko Polhukam Wiranto mengatakan, banyak masyarakat Indonesia yang justru sangat antusias untuk memberikan hak suaranya pada pemilu kali ini. **

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Pantau Kualitas Jaringan dan Keamanan Informasi KTT AIS Forum 2023

    Untuk memastikan jaringan telekomunikasi lancar dan aman selama penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA