FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 04-2019

    1117

    Mendagri Optimistis Partisipasi Pemilu 2019 Lebihi Target 77,5%

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Surabaya, Kominfo - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku optimistis partisipasi pemilih pada Pemilu Serentak 2019 bisa melebihi target di atas 77,5 persen yang ditargetkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mendagri juga yakin pemilih dari generasi muda akan menggunakan hak pilihnya dan tidak bersikap Golput.

    Hal itu disampaikan Mendagri kepada media usai menjadi narasumber pada acara talkshow iVote yang diselenggarakan Omah Jaman Now di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya Trenggilis, Surabaya, Jawa Timur Jumat (12/04/2019).

    Lebih lanjut, Mendagri mengaku optimistis karena hingga kini tingkat perekaman KTP elektronik sudah mencapai 98,5 persen dan Mahkamah Konstitusi (MK) juga sudah membuat putusan untuk membolehkan Suket (surat keterangan memilih) sebagai syarat untuk memilih pada Pemilu Serentak 2019.

    “Saya optimistis partisipasi pemilih bisa di atas 77,5 persen lebih, mudah-mudahan bisa mencapai  80 persen,” ujarnya.

    Begitu juga, Mendagri yakin pemilih dari generasi muda tidak bersikap Golput. “Saya cukup optimis bahwa tingkat Golput dari generasi muda ini akan berkurang ya. Kami tidak bisa memprediksi harus tidak ada, karena Golput itu sebuah pilihan. Tapi, saya kira sebagai warga negara  yang punya hak pilih dan hak konstitusionalnya terjamin saya kira dia akan menggunakan hak plihnya, yang dia yakini benar dan  yang dia yakini baik,” ujar Tjahjo.

    Mengenai adanya dua persen warga yang belum melakukan perekaman KTP-el, Mendagri berharap warga masyarakat untuk bersikap pro-aktif. Ia mengungkapkan warga yang belum merekam data kependudukan, paling banyak di perkotaan dan ada yang tinggal di luar negeri.

    “Ya proaktif masyarakat. Paling banyak di perkotaan, ada sebagian yang di luar negeri, sebagian ada yang di Papua. Warga di kota- kota besar yang mungkin mereka sulit untuk meluangkan waktu ke Dinas Dukcapil,  atau warganya yang sering ke luar negeri, ini tergantung sikap proaktif masyarakat,” kata Mendagri.

    Berita Terkait

    Presiden Optimistis Ekonomi Indonesia Tahun 2024 Tumbuh Baik

    Meski demikian, Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak di sektor jasa keuangan tetap waspada tehadap cepatnya pergerakan ekonomi global da Selengkapnya

    Lewat Wonder Voice Over Camp, Fasilitasi Pelaku Ekraf Kenali Budaya

    Wonder Voice of Indonesia 2023 mengajak dan mengenalkan kembali keindahan pariwisata dan keanekaragaman budaya yang terdapat di seluruh Indo Selengkapnya

    Presiden Pimpin Ratas Persiapan Mudik Lebaran Tahun 2023

    Dalam pengantarnya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa ada sejumlah catatan dari arus mudik sebelumnya yang harus diperbaiki pada arus mu Selengkapnya

    Presiden Instruksikan Jajaran Optimistis tapi Waspada Hadapi Perekonomian 2023

    Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk tetap menjaga momentum pemulihan ekonomi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA