FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 04-2019

    7706

    [HOAKS] Bahaya Nge-Charge Smartphone Menggunakan Laptop!

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Telah beredar informasi yang menuliskan bahwa mencharge smartphone menggunakan laptop akan dapat membuat smartphone rusak.

    Faktanya, Secara standar, USB mengeluarkan daya 5 volt, tetapi arus yang dikeluarkan masing-masing perangkat USB berbeda-beda. Umumnya charger smartphone yang menggunakan USB mengeluarkan arus 0,8 Ampere - 2 Ampere. Sedangkan pada USB laptop atau komputer hanya sekitar 0,5 Ampere saja. Dengan arus yang lebih kecil, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone akan lebih lama jika kita colokkan ke port USB di laptop, dibandingkan dengan ke chargernya langsung.

    Apakah merusak? Sebenarnya tidak. Hanya saja memang port USB di laptop atau komputer, dihubungkan ke smartphone lebih ditujukan untuk koneksi data atau sinkronisasi, bukan standar charging. Demikian pula Powerbank, dibuat bukan sebagai charger utama, tetapi lebih untuk keperluan darurat ketika smartphone kehabisan daya di jalan. Seringkali jika kita menghubungkan smartphone ke powerbank atau ke port USB komputer, tidak lama menempel terus sampai baterai penuh. Terkadang baru terisi setengah sudah dicabut. Jika dibiarkan terlalu sering, bisa berpengaruh terhadap umur baterai. Pabrikan menyarankan setidaknya 1 minggu sekali smartphone di-charge menggunakan chargernya sampai benar-benar penuh.

    Link Counter :

    https://inet.detik.com/konsultasi-gadget/d-2625226/sering-ngecharge-di-komputer-apa-merusak-ponsel

    https://today.line.me/id/pc/article/10+Mitos+Seputar+Baterai+HP+yang+Ternyata+Hoax+No+7+Semua+Orang+Terlanjur+Percaya-kegZDL  https://inet.detik.com/konsultasi-gadget/d-2625226/sering-ngecharge-di-komputer-apa-merusak-ponsel 

    https://today.line.me/id/pc/article/10+Mitos+Seputar+Baterai+HP+yang+Ternyata+Hoax+No+7+Semua+Orang+Terlanjur+Percaya-kegZDL

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Istri Wakil Bupati Temanggung

    Selengkapnya

    [HOAKS] Undangan Tes Interview Mengatasnamakan PT Kereta Api Indonesia (Persero)

    Selengkapnya

    [HOAKS] Panggilan Tes Interview Mengatasnamakan PLN

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Pj Bupati Boalemo Dr. Hendriawan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA