FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 04-2019

    3171

    Menkominfo: GO-JEK Beri Kontribusi Besar bagi Ekonomi Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | vera002
    Menteri Kominfo Rudiantara saat menjadi pembicara dalam Pekan Komunikasi 2019 “From Disruption to Innovation: Change Your Tire or Expire”di Balai Sidang Universitas Indonesia Depok, Senin (8/4/2019). - (Sina)

    Depok, Kominfo – Kehadiran aplikasi transportasi online di Indonesia menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara membawa dampak positif terhadap perekonomian nasional. Rudiantara menyontohkan aplikasi GO-JEK yang memiliki kontribusi terhadap penyediaan lapangan kerja. Bahkan, startup decacorn itu membawa banyak perubahan positif bagi Indonesia.

    “GO-JEK sampai tahun 2018 telah memberikan kontribusi bagi Indonesia sekitar Rp 44 Triliun hanya dalam waktu 4 sampai 5 tahun,” ujar Rudiantara dalam Pekan Komunikasi 2019 FISIP di Balai Sidang Universitas Indonesia Depok, Senin (08/04/2019).

    Dalam forum bertema “From Disruption to Innovation: Change Your Tire or Expire” itu, Menteri Kominfo mengupas dampak pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Tak hanya, banyak memudahkan manusia dalam berbagai aktifitas namun juga telah mengubah proses dan perilaku manusia. Ia menyontohkan pemanfaatan  fitur yang dimiliki GO-JEK mulai dari transportasi online sampai pesan makanan melalui layanan GO-FOOD.

    “Dia (Gojek) merubah segalanya, baik merubah proses, dan juga merubah cara. Dari mulai belanja, belajar, kuliner, transportasi dan macam-macam. Semuanya sudah berubah,” ucap Menteri Rudiantara.

    Menteri Kominfo Rudiantara menilai perubahan tersebut tidak terlepas dari peran teknologi. Meskipun demikian, Menteri Kominfo menegaskan bahwa hal terpenting bukan soal teknologi, namun mengubah pola pikir.

    “Yang merubah itu bukan teknologi, tapi pola pikir kita. Proses berubah mencari cara baru dan proses baru dengan memanfaatkan teknologi yang diperlukan. Karena yang berubah sebenarnya adalah bukan teknologi tapi pola pikir. Teknologi hanya sebagai enabler, jangan dianggap teknologinya yang merubah, karena teknologi itu netral,” tandasnya. **

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA