FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    29 03-2019

    1836

    Banyak Manfaat Capaian Pemerintah Lantaran Terapkan Kebijakan Lebih 'Luwes'

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Rudiantara dalam Acara 4 Tahun Indonesia Kreatif, di Jakarta, Jum’at (29/03/2019) - (Sina)

    Jakarta, Kominfo – Kerja keras Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama empat tahun terakhir membuahkan capaian berbagai sektor yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya pembangunan infrastruktur telekomunikasi. 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, pencapaian tersebut salah satunya didukung oleh adanya perubahan cara pikir pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan. 

    “Dulu, di Kominfo tugasnya hanya meregulasi, bawaannya ngurusin Izin. Tapi sejak dua tahun setengah lalu, saya tidak pernah menandatangani izin,” kata Rudiantara dalam Acara 4 Tahun Indonesia Kreatif, di Jakarta, Jum’at (29/03/2019)

    Menteri Rudiantara mengatakan, Kementerian Kominfo yang dulunya mengurusi banyak jenis izin, saat ini hanya sekitar 3-4 perizinan saja yang berlaku. Sehingga menurutnya, peran sebagai regulator terus berkurang. Menurut Menteri Kominfo, peran pemerintah dari yang hanya sebagai regulator juga harus bertambah sebagai fasilitator, bahkan menjadi akselerator. Apalagi saat ini pemerintah harus fokus memfasilitasi kaum muda milenial di era digital.

    “Kita sudah memasuki era digital, kita harus memfasilitasi apalagi anak muda. Saya paling senang ketemu sama anak muda. Saya tanya ke mereka, bro, sis ‘Lu’ maunya apa sih? Kebijakan pemerintah seperti apa yang kalian mau? Kasih tau ‘gue’, ayo kita tulis sama-sama kebijakannya. Itu memfasilitasi,” ucap Menteri Rudiantara menirukan gaya milenial.

    Lebih lanjut Menteri Rudiantara, menyatakan dari sisi infrastruktur pemerintah memfasilitasi masyarakat yang bekerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia, untuk mendorong dan membangun akses internet di daerah-daerah di luar pulau Jawa.

    “Pemerintah memfasilitasi masyarakat dengan membangun infrastruktur telekomunikasi, ada satu namanya Palapa Ring, bagaimana daerah-daerah yang dianggap belum layak secara bisnis oleh operator, contohnya di Natuna dan Anambas, pemerintah hadir untuk memfasilitasi melalui Palapa Ring,” katanya. 

    Sebagai informasi, progress proyek Palapa Ring akan selesai masa konstruksinya pada pertengahan tahun 2019 ini. Palapa Ring Barat dan Tengah telah beroperasi, sementara Timur sudah mencapai 95 persen. **

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Rapat Pembahasan Tingkat I RUU Perubahan Kedua UU ITE

    Menkominfo Budi Arie Setiadi bersama Komisi I DPR RI membahas RUU tentang Perubahan Kedua atas UU ITE. Selengkapnya

    Plt Menkominfo: Bangun Semangat Kebangsaan, Terapkan Nilai Persatuan

    Plt Menkominfo Mahfud MD mengajak seluruh elemen bangsa untuk memaknai kebangkitan nasional dengan berjuang bersama menerapkan nilai persatu Selengkapnya

    Jangkau Masyarakat, Pemerintah Terapkan Nilai 3E+1N dalam Kemasan Informasi

    Dirjen IKP Kementerian Kominfo mengajak perwakilan lembaga pemerintah untuk memanfaatkan Komunitas Sohib yang telah dibentuk dibawah platfor Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA