FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    27 03-2019

    5838

    [HOAKS] Pesan KH Ahmad Dahlan 1 Abad Yang Lalu Akibat Bencana Alam

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Sebuah berita di media sosial melalui postingan facebook dan artikel lain mengabarkan Sebuah Pesan KH Ahmad Dahlan 1 Abad Yang Lalu."Perhatikanlah alam dan bangsamu, jika disuatu bangsa yang beriman, mereka mengaku sebagai pemimpin yang baik, namun jika terjadi kerusakan akibat bencana alam yang berturut-turut, maka itu pertanda rusak pemimpin mu. Jika rusak pemimpin mu maka rusaklah tatanan masyarakat mu, mereka saling memfitnah, saling menghujat, saling mencela tak bisa terhindarkan, di saat itu Allah memberi peringatan bagimu dengan berupa musibah yang tiada henti."

    Faktanya setelah ditelusuri bahwa berita tersebut tidak benar.Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Tarjih dan Tajdid, Prof Yunahar Ilyas, menegaskan pernyataan itu belum terverifikasi keluar dari mulut Kiai Ahmad Dahlan. Yunahar berpendapat, sepanjang pengetahuannya, belum ada tafsiran langsung yang mengaitkan bencana alam, seperti tsunami atau gempa bumi, dengan seorang pemimpin yang rusak. Sebuah hadis riwayat Bukhari, dikutip Yunahar, soal kerusakan yang dikaitkan dengan kualitas pemimpin. Dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad menyatakan, jika amanat telah disia-siakan, tunggu saja terjadinya kehancuran. Tetapi kehancuran yang dimaksud di sini adalah dalam artian luas. Tidak secara spesifik menyatakan bencana alam. Kerusakan atau kekacauan di semua bidang, menurut sunnatullah, terjadi ketika sesuatu tidak sebagaimana mestinya prinsip keharmonisan semesta.

    Link Counter :

    https://news.detik.com/berita/d-4257330/penjelasan-muhammadiyah-soal-viral-ahmad-dahlan-pemimpin-dan-bencana

    https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181012112013-20-337918/muhammadiyah-telusuri-pesan-kh-ahmad-dahlan-soal-bencana-alam

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ledakan Dahsyat Gunung Anak Krakatau

    Selengkapnya

    [HOAKS] Terjadi Gelap selama 3 Hari Akibat Gerhana Matahari

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kapal Bantuan Indonesia Tak Salurkan Bantuan ke Gaza

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA