FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 03-2019

    5107

    Era Digital, Menkominfo Ajak Milenial Gotong Royong Bangun Indonesia

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Generasi milenial memiliki peran penting di era digital seperti sekarang, terutama dalam upaya Pemerintah untuk membangun kualitas sumber daya manusia bangsa melalui pemanfaatan teknologi.  

    Pesan tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat menghadiri Deklarasi Smart Citizen di Grand Opus Ballroom, Jakarta, Kamis (28/03/2019).

    “Hari ini kita melihat berbagai macam teknologi yang berkembang, tadi ada hologram yang pertama kali dilakukan di Indonesia, dan Bapak Jokowi menyampaikan tentang pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah yang disampaikan melalui Hologram,” kata Menteri Rudiantara. 

    Deklarasi yang diinisiasi oleh Qlue itu mengangkat tema “Budaya Gotong Royong dalam Mendorong Pembangunan di Era Digital”. Menteri Kominfo mengajak generasi muda untuk bahu membahu, bergotong royong membangun Indonesia di masa depan. 

    “Dalam era digital ini, justru menurut saya budaya gotong royong itu makin terlihat, kenapa? Di ekonomi digital yang berkembang ada yang disebut namanya sharing ekonomi, itu juga disebut gotong royong,” ucap dia.  


    Menurut Menteri Rudiantara, budaya gotong royong secara tradisional seperti membersihkan got di lingkungan masing-masing, atau menggelar saweran ketika acara di pedesaan hingga di perkotaan. Namun, di era digital ini, budaya gotong royong masih tetap eksis.  

    "Yang namanya gotong royong, masing-masing membawa alat produksi, bahkan dalam sebutan lain disebut sebagai koperasi," tandasnya. 

    Menteri Rudiantara menyebut aplikasi Qlue merupakan bagian dari kolaborasi dalam menjawab tantangan di era digital ini. 

    “Semua yang berkembang, katakanlah, saya ambil Unicorn di Indonesia, itu hasil kolaborasi, merupakan share ekonomi,” kata Menteri Rudiantara.

    Mengutip perkataan Bung Karno. Menteri Rudiantara mengatakan, inti dari Pancasila adalah merupakan bagian dari gotong royong yang berkembang hingga saat ini.

    Deklarasi Smart Citizen Qlue dihadiri Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, serta beberapa pejabat lainnya yang didampingi CEO and Founder Qlue Rama Aditya. **

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Gelar Griya di Rumah Dinas Widya Chandra

    Dalam gelar griya hadir Wamenkominfo Nezar Patria dan Ibu Siti Murtiningsih tampak hadir dalam acara itu. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA