FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2019

    918

    [DISINFORMASI] Terseret Kasus Romy, Menag: Demi Allah Saya Cuma Kebagian Sedikit, Itupun Belum Saya Gunakan Uangnya

    KategoriHoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Sebuah akun media sosial Facebook menyebarkan link artikel dari sumber turbinsu.blogspot.com. Artikel tersebut berjudul “Terseret Kasus Romy, Menag: Demi Allah Saya Cuma Kebagian Sedikit, Itupun Belum Saya Gunakan Uangnya”. Artikel ini juga memuat pernyataan Menag dengan tulisan  “dirinya hanya menerima sedikit saja uang tersebut, dan itu bukan uang dari hasil menjual jabatan melainkan uang honor, uang tip, pokoknya sebagian uang hasil kerja saya”.

    Berdasarkan penelusuran, ditemukan bahwa isi artikel tersebut merupakan disadur dari 2 berita yang dirilis oleh Kontan.co.id. Berita tersebut berjudul “KPK sebut uang yang disita di laci meja menteri agama terkait pokok perkara” serta “Ini kata Kementerian Agama soal uang ratusan juta di ruang Menag Lukman”.

    Berita tersebut kemudian ditambahkan dengan pernyataan hasil fabrikasi yang mencatut Menag Lukman Hakim Saifuddin dengan bunyi “dirinya hanya menerima sedikit saja uang tersebut, dan itu bukan uang dari hasil menjual jabatan melainkan uang honor, uang tip, pokoknya sebagian uang hasil kerja saya”. Sampai saat narasi ini dirilis, tidak ditemukan adanya pernyataan dari Menag Lukman yang menyatakan bahwa dirinya menerima sedikit uang seperti pada artikel dari turbinsu.blogspot.com.

    Link Counter :

    //nasional.kontan.co.id/news/kpk-sebut-uang-yang-disita-di-laci-meja-menteri-agama-terkait-pokok-perkara

    //nasional.kontan.co.id/news/ini-kata-kementerian-agama-soal-uang-ratusan-juta-di-ruang-menag-lukman

    //jakarta.tribunnews.com/2019/03/22/temuan-uang-di-ruang-menag-dikaitkan-dengan-jual-beli-jabatan-lukman-hakim-kasih-pengakuan?page=3

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Foto Kebakaran di Gunung Slamet

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Peresmian Gereja di Saudi Arabia Dilakukan Langsung oleh Raja

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Demo Rusuh Menolak Kehadiran Jokowi di Riau Disembunyikan Media

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Anies Baswedan Mengirim Bantuan ke Riau Ditolak

    Selengkapnya