FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 03-2019

    1416

    [HOAKS] Gelombang Panas di Indonesia

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :            

    Sebuah pesan berantai tersebar di media sosial yang berisi pernyataan dan imbauan terkait gelombang panas yang sedang melanda Indonesia, Malaysia dan beberapa negara lain. "Indonesia, Malaysia dan bbrp negara lain. sedang mengalami gelombang panas sekarang. Jadi sebaiknya perhatikan d berikut ini:..."

    Faktanya gelombang panas, seperti dalam pemberitaan media massa, hanya terjadi di Malaysia, tidak di Indonesia. Selasa 19 Maret 2019 Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika atau BMKG, Hary Djatmiko, menyatakan bahwa gelombang panas yang mengakibatkan suhu ekstrim di Malaysia tidak akan berdampak ke wilayah Indonesia.

    Gelombang panas yang berpotensi mengakibatkan suhu ekstrim tersebut tidak terjadi di wilayah tropis, melainkan hanya terjadi di kawasan subtropis atau di wilayah lintang. Hary juga menyebutkan potensi suhu di Indonesia naik akan terjadi pada akhir Maret. Hal ini terjadi akibat fenomena Equinox atau gerak semu matahari melintasi tepat di atas garis khatulistiwa, tapi tidak akan berdampak terhadap suhu di Indonesia. Pantauan BMKG secara umum kondisi cuaca di wilayah Indonesia cenderung masih lembab atau basah. Beberapa wilayah Indonesia saat ini sedang memasuki masa transisi atau pancaroba. BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox sebagaimana disebutkan dalam isu yang berkembang. Ada baiknya masyarakat tetap mengantisipasi kondisi cuaca yang cukup panas dengan meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap menjaga kesehatan keluarga serta lingkungan.

    Link Counter :                    

    https://metro.tempo.co/read/1186968/malaysia-dilanda-gelombang-panas-bmkg-tak-berefek-ke-indonesia/full&view=ok

    https://news.detik.com/berita/d-4482072/bmkg-equinox-fenomena-biasa-masyarakat-diimbau-tenang?utm_source=notifikasi&utm_campaign=browser&utm_medium=mobile#Echobox=1553491526

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Bahaya Parasit di Mulut Ikan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bintang KPop Seolhyun Cuma Makan Ubi Demi Tubuh Ideal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Warga Bali Panik Isu Tsunami di Buleleng

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Video Penyiksaan Anak Perempuan di Indonesia

    Selengkapnya