FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 03-2019

    1941

    [DISINFORMASI] Teroris di Selandia Baru adalah Jihadis ISIS Turki

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar isu di media sosial yang memberitakan bahwa pelaku penembakan kaum muslim di Christchurch, New Zealand, Brenton Tarrant adalah Jihadis ISIS yang berasal dari Turki. Dalam postingan tersebut terdapat foto sekumpulan orang yang diduga anggota ISIS dan termasuk Brenton Tarrant di dalam foto tersebut.

     

    Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa foto yang digunakan dalam postingan tersebut adalah foto yang disunting dari laman CNN Turki pada tanggal 23 November 2015. Foto-foto itu diambil saat kunjungan wakil pemimpin Great Union Party (BBP), Kapten Kartal, ke markas mujahidin Turk di Pegunungan Turkmen, Provinsi Latakia Suriah barat laut. Membahas mengenai adanya keterkaitan Brenton Tarrant dengan jaringan tersebut,dilansir dari cekfakta.tempo.co, tuduhan itu sulit dipercaya karena Tarrant justru menargetkan korbannya adalah Muslim. Sebaliknya, berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan oleh sejumlah media, pria 28 tahun itu adalah seorang pendukung supremasi putih. Tarrant juga menulis "manifesto" anti-imigran setebal 70 halaman yang disebut "The Great Replacement”. Dokumen ini mengandung kata-kata kasar dan mendukung adanya "atmosfer ketakutan" terhadap Muslim. Dia juga menyebut Presiden Amerika Donald Trump sebagai simbol baru identitas kulit putih. Fakta kedua, Tarrant sendiri justru pernah mengancam Turki, sebagaimana dikatakan oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Menurut Erdogan, Tarrant telah dua kali mengunjungi Turki dan memperingatkan bahwa Turki tidak memiliki tempat di Eropa.

     

    Berdasarkan temuan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa pelaku terorisme terhadap Muslim di Selandia Baru adalah jihadis ISIS Turki adalah Tidak Benar.

    Link Counter :

    https://cekfakta.tempo.co/fakta/159/fakta-atau-hoaks-benarkah-pelaku-terorisme-di-selandia-baru-adalah-jihadis-isis-turki?fbclid=IwAR0ECCZzSRs1TMNvyT0n37lQRWR1SWMUNDYd3UpKfEMD3278kcWqh6efvWU

    https://cekfakta.com/focus/1295?fbclid=IwAR0-wjWVpqkyNXfLbCzc3uFpzMj6AzH6iAcqXV1GKLq6vXtd0XYukFZ0dOk

    https://globalnews.ca/news/5064618/christchurch-shooting-suspect-turkey/?fbclid=IwAR3o_JpxVJcVDiT047TetVJWJ8LIL3do-Xo3XNydR4Xw4gIhKTLbLoJ-iys

    Berita Terkait

    [DISINFORMASI] Kabupaten Gunungkidul Darurat Klitih

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Debat Capres di Pilpres 2024 Ditiadakan

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Perubahan Nama Lokasi Mahkamah Konstitusi Menjadi Mahkamah Keluarga pada Google Maps

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Prabowo Subianto Ditangkap KPK

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA