FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2019

    1576

    Bangun Industri Skala Besar, Siapkan Lapangan Kerja untuk Generasi Muda

    Kategori Berita Pemerintahan | mth

    Nusa Dua, Kominfo - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Pemerintah Indonesia berupaya menyediakan lapangan pekerjaan dan pendidikan sebagai bagian upaya untuk menyejahterakan rakyat.

    “Dalam upaya menyejahterakan rakyat Indonesia ini, kami yakin bahwa penyediaan lapangan pekerjaan dan pendidikan adalah dua hal mendasar yang harus kami lakukan,” kata Luhut dalam rapat pertama Komite Pengarah Bersama untuk Pembangunan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional Kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok di Nusa Dua, Bali, Kamis (21/03/2019).

    Oleh karena itu, pemerintah berupaya mendorong pembangunan industri skala besar. "Sehingga kami sangat mendorong investasi yang bersifat pembangunan industri dalam skala besar, mengingat kami harus menyediakan lapangan pekerjaan bagi puluhan juta generasi muda Indonesia," tegas Luhut. 

    Menurut Menko Luhut, Pemerintah Indonesia terus berunding terkait teknis dalam menjalin hubungan kerjasama yang disepakati nantinya. 

    “Kita tidak mau diatur semua. Jadi mereka harus bersedia untuk memenuhi 4 ketentuan yang telah kita buat. Pertama tadi, add value, kedua tadi masalah teknologi yang harus ramah lingkungan, ketiga transfer teknologi dan yang keempat tadi harus menggunakan sebanyak mungkin tenaga kerja dari Indonesia,” tegasnya.

    Salah satu contoh yang baik dan sudah terbukti adalah Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) di Sulawesi. Kegiatan industri ini telah menyediakan lapangan pekerjaan hingga mendekati 40.000 orang, dan akan menjadi 100.000 orang dalam waktu yang tidak terlalu lama. Di samping itu, industri ini telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik di daerah mau pun secara nasional. 

    “Pengalaman IMIP di Morowali adalah sebuah contoh yang ingin kami replikasi di berbagai tempat di Indonesia, di mana entitas bisnis bekerja sama dengan entitas bisnis (B to B) dan Pemerintah memfasilitasi dan mengkoordinasikan kebijakan-kebijakan yang diperlukan,” tutur Menko Luhut. 

    Luhut menambahkan berdasarkan konsep inilah proposal kerja sama Indonesia – Tiongkok dapat disampaikan, dengan harapan akan menjadi model yang lebih sehat, berkelanjutan, dan tidak menjadi beban bagi kedua Pemerintah.

    Menko Luhut mengaku senang menerima laporan bahwa entitas bisnis Tiongkok, antara lain Ningbo Port dan Power China, dengan didampingi oleh NDRC dan MOFCOM Provinsi Zhejiang telah berkunjung ke Sumatera Utara dan Kalimantan Utara, serta telah bertemu dengan Pelindo I dan beberapa pelaku bisnis yang lain. Kunjungan ini merupakan model pendekatan B to B with Government Facilitation yang dapat menjadi contoh untuk dilaksanakan pada berbagai proyek.

    Menko Luhut telah mendengar bahwa pihak Tiongkok sudah menyiapkan rancangan Framework Agreement untuk bekerjasama di Kuala Tanjung, untuk tahap pertama. Selanjutnya, ada beberapa tahap proyek kerja sama lain yang telah disepakati seperti Kawasan Industri Sei Mangkei dan kerja sama strategis pada Bandara Internasional Kualanamu untuk tahap kedua. Kemudian, pengembangan energi bersih di kawasan Sungai Kayan, Kalimantan Utara, pengembangan kawasan ekonomi eksklusif di Bitung, Sulawesi Selatan, dan Kura-kura Island di Bali. 

    “Harapan kami, pihak Tiongkok dapat mempertimbangkan untuk melanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya, dan di lokasi-lokasi lain yang sudah kami siapkan, termasuk rencana proyek di luar 4 koridor yang sudah dirintis oleh para pelaku bisnis dari ke dua pihak, termasuk kerjasama dalam bidang Palm Replanting for Poverty Reduction dengan melibatkan China Development Bank (CDB),” lanjut Menko Luhut.

    Topik ini juga dimasukkan dalam kerangka kerja sama besar Indonesia – Tiongkok untuk memudahkan koordinasi, sekaligus membuktikan bahwa kerja sama ini bermanfaat bagi petani kecil Indonesia. Selain keempat koridor pengembangan ekonomi komprehensif yang telah disepakati tadi, ada pula proyek-proyek kerjasama lain Indonesia-Tiongkok, seperti Pembangkit Listrik Ukuran Menengah dibeberapa lokasi di Jawa, Minemouth di Kalimantan Tengah, Zona Ekonomi Khusus Indonesia-Tiongkok di Jonggol, Jawa Barat, Kawasan Industri Terintergrasi di Ketapang, Penanaman kembali kelapa sawit guna kurangi kemiskinan, dan Kawasan Industrial Terintegrasi Meikarta Indonesia-Tiongkok.

    Menko Luhut berharap agar kesepakatan-kesepakatan yang dicapai dalam Rapat Pertama Komite Pengarah Bersama ini dapat difinalisasi menjadi kerjasama yang kokoh yang akan diterapkan dalam waktu dekat.  "Kesepakatan kerjasama ini yang merupakan target capaian ini perlu diupayakan agar perhatian publik selama 2 tahun ini dapat dijawab secara positif," ujarnya.

    Proyek yang sedang dikerjakan ini jelas, tidak semua murni kepada Tiongkok. Menko Luhut menyampaikan bahwa misalnya tadi mereka (Tiongkok) selain menawarkan replanting program untuk palm oil, namun ada juga kerja sama antar Tsinghua University dengan ITB dan juga dengan Kura-kura Island.

    Dalam kesempatan yang baik ini, Menko Luhut mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin. “Tadi, mereka ini semua pada setuju, baik itu kerja sama mengenai human capital. Mereka sangat setuju dan teknologi mereka memang sudah cukup bagus,” tutup Menko Luhut.

    Pertemuan ini selain dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, juga dihadiri pula oleh Wakil Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional Republik Rakyat Tiongkok, Duta Besar China untuk Indonesia, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas, Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Beijing, Direktur Utama Kerjasama Global Departemen Asia Pasific, Perwakilan Kementerian/Lembaga Terkait, serta Gubernur Kalimantan Utara.

    Berita Terkait

    Tingkatkan Produsen Halal Indonesia-Selandia Baru, Wapres Harapkan Kerja Sama Ditindaklanjuti

    Wapres berharap akan ada tindak lanjut antara pengusaha Selandia Baru dengan pengusaha di Indonesia terkait peningkatan kemitraan untuk mena Selengkapnya

    Wapres Harapkan Tahun Baru Imlek 2024 Jadi Momentum Memperbarui Diri

    Wapres mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan matang Selengkapnya

    Presiden Pastikan Cadangan Beras Terkendali untuk Stabilkan Harga

    Presiden menuturkan bahwa harga beras di seluruh negara mengalami kenaikan akibat adanya perubahan iklim dan fenomena El Nino. Selengkapnya

    Kunjungi Sulawesi Utara, Presiden Akan Resmikan BTS 4G dan Pengoperasian Satelit SATRIA-1

    Turut menyertai penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Utara yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiadi, Menteri Perdagangan Zu Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA