FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2019

    995

    Konstruksi Palapa Ring Rampung, Menkominfo Optimis Nusantara Terhubung

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo – Menyatukan seluruh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia melalui koneksi internet berkecepatan tinggi, bukan pekara enteng. Butuh proses yang panjang.  

    Pemerintah dalam hal ini berkomitmen untuk melakukan apapun demi kemaslahatan masyarakat. Salah satunya melalui Proyek Palapa Ring.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemerintah khususnya Kementerian Kominfo tidak akan menyerah melakukan sesuatu hal yang telah menjadi keharusan.

    “Memang berat, tapi tentunya kami tidak menyerah karena keharusan adalah keharusan, mengkoneksikan semua kabupaten dan kota madya di seluruh Indonesia dengan jaringan internet kecepatan tinggi,” Kata Menteri Rudiantara di Jakarta, Rabu, (20/03/2019).

    Rudiantara mengatakan, konstruksi Palapa Ring Timur akan diselesaikan pertengahan tahun 2019. Dengan begitu maka keseluruhan dari Palapa Ring akan mencapai 100 persen.

    “Insyaallah pertengahan tahun ini kita bisa integrasikan keseluruhannya dari proyek Palapa Ring ini. Karena statusnya 94 persen konstruksinya untuk Palapa Ring Timur, paling lama bulan Juni 2019 sudah diintegrasikan semuanya yang mencakup Barat, Tengah dan Timur,”

    Terkait Palapa Ring Timur, Menteri Rudiantara mengatakan ada kesulitan yang dihadapi para pekerja khususnya di sebagian wilayah Papua dan Papua Bara. Pasalnya mereka harus melewati pegunungan tinggi untuk membangun tower.

    “Nanti saya tunjukkan foto bagaimana susahnya sebetulnya di Papua, karena di Papua itu ada gunung yang kita harus pasang tower, dan disana tidak ada jalan, satu-satunya jalan adalah menggunakan helicopter,” Kata Menteri Rudiantara. 

    Lebih lanjut, Rudiantara berkomitmen dalam proses penyelesaian proyek Palapa Ring ini akan menjadi bagian dari upaya pemerintah di era Presiden Jokowi, untuk menghubungkan seluruh kepulauan di Indonesia melalui internet kecepatan tinggi.**

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Banjir Bandang Bikin Pemukiman Warga Tangerang Jebol

    Faktanya dalam video tersebut narator hanya membaca ulang artikel milik antaranews.com berjudul “543 Kepala Keluarga Terdampak Banjir di T Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Terima Kunjungan Direksi Telkom Group

    Menkominfo Budi Arie Setiadi menerima Direksi Telkom Group yang dipimpin Direktur Utama Ririek Adriansyah. Selengkapnya

    [Berita Foto] Plt Menkominfo Pimpin Upacara Peringatan ke-115 Harkitnas

    Plt Menkominfo Mahfud MD menjelaskan mengenai sejarah kebangkitan nasional yang pada 115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA