FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 03-2019

    1451

    Menkominfo apresiasi penggunaan aplikasi digital Nelayan Nusantara

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Natuna, Kepulauan Riau (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi nelayan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, yang sudah menggunakan aplikasi Nelayan Nusantara untuk meningkatkan produktivitas mereka.

    "Selamat bagi nelayan yang bisa meningkatkan produktivitas, bisa pulang dengan selamat," kata Rudiantara melalui panggilan video dari Jakarta dengan nelayan di Natuna, Rabu.

    Percakapan Rudiantara dengan Sahidan dan Safarudin, nelayan Natuna yang sedang berada di laut, berlangsung saat pembukaan Palapa Techno Fest yang berlangsung di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa, Natuna.

    Techno Fest juga berlangsung di Pantai Kencana, Ranai, Natuna; Morotai dan Jakarta pada Rabu.

    Melalui panggilan video, para nelayan meminta pemerintah untuk membuat aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas mereka dari laut.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Nilanto Perbowo menyampaikan infrastruktur jaringan tulang punggung Palapa Ring Barat, yang selesai sejak 2018, memberikan dampak positif bagi nelayan. Para nelayan dapat mengakses aplikasi yang membantu mereka untuk mencari ikan di laut.

    Aplikasi Nelayan Nusantara memiliki fitur untuk melihat informasi cuaca, terutama arah dan kecepatan angin, juga untuk melihat harga pasaran ikan.

    "Harapan kami, seluruh nelayan di Indonesia sebelum melaut dapat mengetahui tinggi gelombang," kata Nilanto di Techno Fest.

    Bupati Natuna, Hamid Rizal, menyampaikan akses nelayan terhadap aplikasi perikanan membuat nelayan Natuna bisa mengatur kapan waktu layak pergi melaut dan kapan tidak bisa melaut karena angin kencang.

    Aplikasi tersebut juga membantu nelayan untuk menjaga keselamatan diri saat mencari ikan.

    Akses internet oleh para nelayan di Natuna merupakan salah satu contoh pemanfaatan infrastruktur Palapa Ring di kabupaten tersebut.

    Selain bermanfaat bagi nelayan, Rizal juga menyampaikan jumlah sekolah yang dapat menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer semakin bertambah dengan kehadiran Palapa Ring Barat.

    Pada 2017, baru dua sekolah di Natuna yang mengikuti ujian berbasis komputer. Sedangkan pada 2018, jumlahnya menjadi 13 sekolah.

    Rizal menyatakan infrastruktur Palapa Ring sangat dibutuhkan Natuna karena posisi pulau berada di garis terluar Indonesia dan berbatasan dengan laut negara lain.

    Palapa Ring juga dinilai membantu jaringan komunikasi yang diperlukan oleh sistem pertahanan dan keamanan negara.

    Sumber berita : Antaranews.com (20/03/19)

    Natisha Andarningtyas

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA