FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2019

    1411

    Inilah Dua Permintaan Menkominfo untuk Asdep 3 Pemkot Sorong

    Kategori Berita Kominfo | vera002
    Suasana video conference antara Menteri Kominfo Rudiantara dengan perwakilan dari 4 lokasi yaitu Jakarta, Morotai, Natuna dan Sorong. - (AYH)

    Sorong, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menitipkan dua permintaan kepada Asisten 3 Sekretaris Daerah Kota Sorong terkait pemanfaatan internet. 

    “Saya minta tolong dua hal kepada Bapak Asdep, pertama lakukan edukasi literasi kepada masyarakat. Jangan sampai nanti jika internetnya kencang ada cultural shock, karena mendapat budaya macam-macam. Kedua, mari kita manfaatkan semua ini terutama media sosial (medsos) untuk tidak menyebarkan hoaks bahkan kita harus memerangi hoaks,” pinta Rudiantara melalui video conference dengan Asdep 3 Setda Sorong dalam Festival Teknologi Palapa Ring di Grha Merah Putih Sorong, Rabu (20/3/2019).

    Menteri Kominfo juga mendorong pemerintah daerah untuk meminta alamat akun media sosial ketika melakukan perekrutan pegawai. Tujuannya agar dapat memahami jejak digital agar tidak banyak posting konten negatif.

    “Jika Pemda mau rekrut pegawai, minta akun medsosnya biar bisa tahu rekam jejak digital medsosnya. Kita tentu tidak ingin merekrut pegawai yang isi medsosnya negatif. Di dunia maya semua postingan kita baik positif atau negatif semua ada rekam digitalnya, analoginya seperti pencatatan perbuatan baik dan buruk oleh Malaikat Raqib dan Atid,” ujar Rudiantara.

    Pemanfaatan internet untuk berbagai hal yang positif terutama di Kota Sorong diungkapkan Asdep 3 Setda Kota Sorong Ruddy R. Laku perlu didukung oleh jaringan telekomunikasi yang memadai dan bisa menjangkau sampai ke pelosok daerah.

    “Kami berharap melalui program Palapa Ring, jaringan internet semakin kuat sehingga penggunaan internet untuk komunikasi bisa semakin cepat. Di Kota Sorong kegiatan ujian sekolah sudah menggunakan jaringan online, namun kendala yang kami hadapi jaringannya masih sering lambat, sehingga kami berharap melalui Palapa Ring ini proses pembangunan bisa dipercepat,” ungkap Ruddy.

    Bangun Indonesia Sentris

    Menteri Kominfo Rudiantara memastikan komitmen Pemerintah dalam membangun jaringan infrastuktur. Menurutnya, pemerintah tidak pilih-pilih karena pembagunan infrastruktur harus lebih merata. Menurut Rudiantara, saat ini pembangunan Palapa Ring Paket Timur saat ini konstruksinya sudah sekitar 94%. 

    "Kita bertekad bisa selesai pada pertengahan tahun ini. Untuk mewujudkan keberpihakan pemerintah kepada pembangunan yang berorientasi pada Indonesia Sentris, maka untuk Papua dan Papua Barat kita bangun di 41 kabupaten baru atau interkoneksi. Ini menunjukan bentuk keberpihakan kepada masyarakat di Papua dan Papua Barat. Kita ingin layanan tidak berbeda, tidak sama persis tapi bisa digunakan dimana-mana,” ujar Rudiantara.

    Rangkaian Festival Teknologi Palapa Ring yang dilakukan di 5 lokasi yaitu Sorong, Morotai, Natuna, Batam dan Jakarta. Dalam event yang dimeriahkan dengan pameran UMKM itu juga diisi dengan video conference antara Menteri Rudiantara dengan perwakilan dari kelima lokasi tersebut sekaligus untuk uji coba penggunaan Palapa Ring Timur. (VE)

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Mobile World Congress 2024

    Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Tiba di Bali, Menkominfo Hadiri KTT AIS Forum 2023

    Acara puncak KTT AIS Forum 2023 akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2023 di kawasan Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA