FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2019

    983

    Kemenkominfo Kepoin Tol Langit Jokowi - Ma'ruf Amin

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Suara.com - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Anang Latif mengartikan infrastruktur tol langit sebagai penunjang sinyal internet cepat.

    Seperti diketahui, dalam Debat Capres 2019 Presiden Joko Widodo sering menyebut istilah infrastruktur tol langit, bahkan belum lama ini Ma'ruf Amin dalam debat cawapres juga menyinggung soal infrastruktur langit.

    Dalam acara Talk Show Kemenkominfo TV yang berjudul Kepoin Tol Langit bersama Dirut @Baktikominfo, Selasa (19/3/2019) istilah tersebut digunakan untuk Proyek Palapa Ring.

    Anang menuturkan, selain tol langit, jaringan antar sinyal juga akan diupayakan agar bisa diakses di lautan, sehingga diharapkan pada akhirnya Indonesia memiliki sinyal bebas hambatan.

    "Tol langit itu sebagai perumpamaan, sebenarnya sinyal ke depan Indonesia akan mendapatkan sinyal dengan menghandirkan internet cepat jadi olah-olah sinyal tanpa hambatan," ujar Anang.

    Tol langit sendiri merupakan proyek Palapa Ring awal mula pada tahun 2005 namun gagal. Pada tahun 2015 dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU dimulai kembali proyek Palapa Ring.

    Anang menambahkan, Palapa ring sendiri dalam bentuk fisik yaitu jaringan stratotype. Dari 514 kabupaten di Indonesia baru 400 yang terjangkau dengan jaringan stratotype pada tahun 2015.

    Untuk menyelesaikan proyek Palapa Ring sendiri ada tiga paket. Kemkominfo bekerjasama dengan tiga bidang mitra usaha bekerja secara paralel.

    "Kalau dikerjakan satu mitra usaha kami tidak yakin akan selesai dikerjakan pada tahun 2019," pungkasnya.

    Sumber berita : Suara.com (19/03/19)

    Iwan Supriyatna

    Berita Terkait

    Menkominfo: Kebijakan Transformatif untuk Ciptakan Ekosistem Digital Mumpuni

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G. Plate menyatakan, pada tahun 2021, pemerintah mengambil langkah ekstra untuk memper Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA