FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2019

    1390

    Dirjen SDPPI: Lab IoT ITB Bisa Jadi Lab Uji Perangkat Telekomunikasi

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Bandung, Kominfo - Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail mengharapkan Internet of Things (IoT) Innovation & Future Digital Economy Laboratorium bisa menjadi wadah berkolaborasi sekaligus memberikan solusi atas permasalahan yang ada saat ini dengan menggunakan IoT.

    “Ke depannya, IoT Innovation Lab ini bisa menjadi lab uji yang ditetapkan pemerintah, sehingga bisa melakukan pengujian perangkat,” harapnya usai peluncuran Internet of Things (IoT) Innovation & Future Digital Economy Laboratorium bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi di Bandung, Senin (18/3/2019).

    Dirjen Ismail memaparkan perangkat IoT akan semakin masif dan jumlahnya meningkat. Hal itu mengharuskan Indonesia memiliki lebih banyak lab uji. “Salah satunya bisa berasal dari universitas,” jelasnya.

    Dalam peresmian turut hadir Guru Besar STEI ITB Prof Suhono H Supangkat dan Director & Chief Innovation & Regulatory Officer Indosat Ooredoo Arief Mustain, selaku penggagas IoT Innovation Lab ini. IoT Innovation Lab merupakan ruang untuk berkreasi bagi para makers IoT untuk mengembangkan solusi IoT. Lab ini digagas oleh ITB bersama Indosat Ooreedoo.

    Acara peluncuran paralel juga berlangsung di KPPTI Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara hadir memberikan sambutan dan menyaksikan penandatanganan kerja sama dengan sejumlah universitas. Dalam kegiatan yang digelar sebagai rangkaian Future Digital Economy Conference itu berlangsung juga talkshow mengenai future economy serta innovation class dengan menghadirkan pembicara-pembicara dari berbagai pemangku kepentingan, mulai dari industri perangkat, platform, hingga startup digital.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    [Berita Foto] Menteri Budi Arie Uji Coba KCJB Bareng Pimpinan Ekosistem Telekomunikasi

    Menkominfo mengajak pimpinan ekosistem telekomunikasi nasional mengikuti uji coba KCJB. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA