FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    20 03-2019

    1465

    4 Provinsi Masuk Proyek Palapa Ring Timur

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menkominfo Rudiantara memberikan pemaparan saat menjadi pembicara utama dalam acara ISIPOL Talk (I-Talk) bertajuk "The Age of Digital Literacy: Opportunities and Challenges" di FISIP Universitas Gadjah Mada, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019). Dalam acara yang menjadi bentuk dukungan terhadap pendidikan literasi digital kepada mahasiswa itu Menteri Rudiantara memberikan pemaparan mengenai peluang dan tantangan era digital serta berbagai program yang dilakukan pemerintah khususnya Kominfo dalam menghadapi era digital. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo -  Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara umum terbagi menjadi tiga bagian. Palapa Ring Barat, Tengah dan Timur. Cakupan dari pembagian wilayah ini berdasar letak geografis yang menghubungkan antar pulau.

    Khusus untuk proyek Palapa Ring Timur, terdapat empat provinsi prioritas. Yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Papua Barat dan Maluku.

    “Progresnya sejauh ini sudah 94,5 persen,” Kata Dirut BAKTI Kominfo Anang Latif di Jakarta, Selasa, (19/03/2019) 

    Anang menargetkan masa konstruksi Palapa Ring Timur akan selesai pada pertengahan tahun 2019. Sebab, pada beberapa wilayah seperti Papua mengalami hambatan teknis.

    Terkait hambatan teknis di wilayah Papua, kata Anang yang menantang dari daerah tersebut karena antar kota terhalang oleh pegunungan yang tinggi.

    “Ini (Papua) satu-satunya lokasi yang kami harus mengarahkan sampai menggunakan 6 helikopter untuk logistik material. Jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengerjaan,” Jelas Anang.

    Belum lagi, Anang mengatakan bahwa bencana banjir bandang yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Sentasi, Provinsi Papua. Imbasnya, menghambat logistik material untuk pembangunan Palapa Ring ini.

    Sekalipun demikian, BAKTI Kementerian Kominfo akan tetap memastikan proyek Palapa Ring Timur diselesaikan sesuai target.

    "Bagi yang belum paham, konsep Palapa Ring adala membuat jalan tol langit. Pengguna jalan tolnya sendiri secara langsung dari operator telekomunikasi seperti Telkom, Telkomsel, XL maupun Indosat yang menggunakan jaringan tersebut," pungkasnya.**

    Berita Terkait

    Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

    Dalam agenda kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan bertemu dengan kelapa Dinas Kominfo dari 14 provinsi di Indonesia. Selengkapnya

    Awas Hoaks! Dana Haji untuk Proyek Infrastruktur

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta medcom.id, klaim bahwa Ma'ruf Amin menandatangani dana haji Selengkapnya

    Dorong Penerapan Provinsi Pintar untuk Kolaborasi Atasi Permasalahan

    Guna mewujudkan smart city, Kementerian Kominfo mendorong pemerintah provinsi menerapkan provinsi pintar (smart province). Bentuk penerapan Selengkapnya

    Panja Pemerintah-Komisi I Bahas Penyempurnaan Pasal RUU PDP

    Panitia Kerja Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membahas penyempurnaan beberapa pasal dalam Rancangan Undang- Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA