FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2019

    3752

    FKUB Siap Laksanakan Pemilu Aman, Damai, dan Rukun

    Kategori Berita Pemerintahan | vera002
    Presiden Jokowi berbincang dengan pimpinan FKUB di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (18/3) siang. - (Jay/Humas Setkab)

    Bogor, Kominfo - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) yang aman, damai, rukun.  Kesiapan itu disampaikan jajaran pengurus FKUB saat diterima Presiden Joko Widodo.

    “Beda pilihan boleh, beda partai boleh, tetapi kita selalu bersatu, rukun dalam semangat persaudaraan dan semangat cinta kasih sesama bangsa dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote,” kata Ketua Umum FKUB Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet usai diterima Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (18/03/2019) siang.

    Menurut Sukahet, menyukseskan Pemilu adalah kewajiban moral FKUB apalagi sebagai tokoh agama. “Kita sanggup melaksanakan pemilu, mendukung pemilu dengan baik dan menjaga NKRI agar tetap rukun, aman, dan damai sehingga presiden, menteri, gubernur, bupati, wali kota, semuanya bisa membangun bangsa ini dengan lebih baik,” tegasnya.

    Presiden sendiri, menurut Sukahet, dalam pertemuan itu memberikan arahan untuk menangkal, meluruskan segala berita-berita yang tidak masuk akal, fitnah, hoaks. FKUB pun, lanjut Sukahet, siap melaksanakan arahan Presiden itu.

    “Kita punya majelis agama. Kita punya MUI, Parisada, PGI, Walubi, Matakin, dsb, itu sampai ke desa-desa. Kita selalu mengajak semangat toleransi, kebersamaan, kekeluargaan, dan selalu kita kumandangkan agar kita semuanya menjadi pemeluk agama yang baik, sekaligus menjadi warga negara yang baik, agar tidak ada lagi hoaks, fitnah, kebohongan, dan sebagainya,” terang Sukahet.

    Dalam kesempatan bertemu Presiden itu, menurut Sukahet, FKUB meminta agar Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri yang selama ini mendasari pembentukan FKUB, ditingkatkan status hukumnya menjadi Peraturan Presiden.

    “Kami bersyukur respons Presiden, Mensesneg, dan Menteri Agama yang menerima kami kompak. Sudah diproses menjadi peraturan presiden, yang artinya nanti dananya dari APBN. Kemudian pemerintah daerah (gubernur, bupati, wali kota) tetap melakukan kewajibannya untuk menambah kekurangan-kekurangan sesuai dengan kebutuhan FKUB setempat,” ujar Sukahet.

    Mengenai tujuan utamanya menemui Presiden, Ketua Umum FKUB Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet mengemukakan, untuk melaporkan hasil-hasil Konferensi Nasional FKUB V yang diselenggarakan tanggal 1-3 Maret lalu di Makassar di mana Presiden berhalangan hadir.
    Selain itu, FKUB juga mengundang Presiden Jokowi untuk bisa membuka dan memberikan pengarahan pada Konferensi Nasional VI yang akan diselenggarakan April 2020 mendatang.

    Mendampingi Presiden dalam kesempatan itu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. ***

    sumber

    Berita Terkait

    Indonesia-Turki akan Terus Kerja Sama Bantu Palestina

    Kedua pemimpin juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Eco Selengkapnya

    Wapres Tekankan Penguatan Kerja Sama Perdagangan dan Investasi Produk Halal

    Wapres menekankan tiga hal kunci sebagai upaya memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Provinsi Fujian. Selengkapnya

    Wapres Minta TVRI Terdepan Suarakan Pemilu Damai

    Wapres menyatakan mendukung TVRI, terutama perannya dalam menyuarakan kebijakan-kebijakan pemerintah di tengah hiruk pikuk pemilu saat ini. Selengkapnya

    Manfaatkan Peluang Bonus Demografi dan Kepercayaan Internasional

    Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pidato tentang Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dalam rangka Hari Ulan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA