FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 03-2019

    1556

    Retrospekt! Bahas Tantangan Era Transformasi Digital Berbagai Sektor Industri

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Lensautama.com – Transformasi digital yang terjadi secara masif membawa tantangan tersendiri dan dibutuhkan keterlibatan semua pihak, seperti pemerintah, korporasi dan startup untuk bersama membentuk ekosistem digital yang kohesif.

    Ditambah lagi dengan hadirnya era baru, yaitu era 4.0 yang telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, sepertl digital economy, big data, robotic, hingga artificial Intelligence.

    Oleh karena itu, Binar Academy menghadirkan Retrospekt! bertajuk #FaiIForward yang dimaksudkan menjadi wadah bagi para pakar untuk memulai dialog mengenai pengalaman kegagalannya sehingga bersama mampu berkolaborasi untuk semakin memajukan transformasi digital di Indonesia.

    Alamanda Shantika selaku CEO Binar Academy menyatakan bahwa pengalaman yang diperoleh Binar Academy selama 2 tahun berkecimpung dalam bidang pendidikan digital dan memberikan Iayanan transformasi digital semakin memperkuat hadirnya acara ini untuk mendorong terciptanya kolaborasi.

    “Transformasi digital saat ini sudah menjangkau berbagai bidang dan mendorong Iahirnya startup. Akan tetapi kami melihat bahwa potensi besar Indonesia tidak akan dapat dipenuhi secara maksimal tanpa kerja sama antara pemerintah, korporat dan startup,” tutur Alamanda saat berbicara dalam Retrospekt! Conference, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Sabtu (16/3/2019).

    Retrospekt! Conference mengangkat beragam topik yang dibahas secara mendalam oleh para pakar dari berbagai jenis industri mulai dari media hingga perbankan.

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pun turut hadir sebagai pembicara dan memaparkan pandangan pemerintah mengenai kondisi transformasi digital saat ini.

    “Kita semua tentu sudah tahu betapa pesatnya perkembangan digital di Indonesia. Pengguna internet yang semakin bertambah di setiap pelosok negeri hingga melesatnya pertumbuhan startup,” tutur Rudiantara.

    Tetapi, lanjutnya, dibutuhkan kontribusi semua pihak agar manfaat dari transformasi digital dapat dirasakan secara menyeluruh baik melalui kolaborasi maupun peningkatan kualitas pendidikan digital bagi SDM.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika sendiri memiliki program Digital Talent Scholarship yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah serta kualitas SDM agar siap mendukung transpormasi digital Indonesia.

    Penyelenggaraan Retrospekt! juga mendapat dukungan dari Tokopedia yang sebelumnya berkolaborasi dalam kegiatan Hack of Thrones dan Sinarmas Land yang pembukaan sarana edukasi digital Binar Academy di Digital Hub.

    Irawan Harahap selaku Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land mengatakan, pihaknya memberikan dukungan herhadap Binar Academy dan Retrospekt! karena sejalan dengan keinginan kuat dari Sinar Mas Land dalam mendukung Indonesia di era digital, terutama dalam mencetak Iebih banyak sumber daya manusia Indonesia yang memiliki kompetensi deveIopers kelas dunia.

    “Kami berharap sebagai pusat digital talent beberapa Academy sepert’ Binar Academy, Apple iOS developer, Purwadika IT School, Geeksfarm, Esport training center yang telah hadir di BSD dapat menjawab kebumhan talent kedepan,” tuturnya.

    Selain itu Retrospekt! juga memiliki kegiatan job fair yang diikuti oleh berbagai perusahaan serta startup dari berbagai industri, seperti Tokopedia, Bank BTPN, 0V0, Sinar Mas Land, Telkomsigma, Orang Tua Group, dan masih banyak Iainnya yang memiliki Iowongan pekerjaan di bidang digital dan kreatif.

    Retrospekt! Job Fair mengusung konsep unik yaitu sistem yang tidak menggunakan kertas sama sekali atau 100% paperless system Digital Job Fair ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

    Sumber berita : Lensautama.com(17/03/19)

    Dimas Siker

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Targetkan Transformasi Digital dalam 3Tahun,Kominfo Gagas 5 Langkah

    Pandemi Covid-19 membuat transformasi digital menjadi keharusan. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Pemerintah bahkan berkomitmen memper Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA