FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 03-2019

    1068

    Menkominfo: Investasi SDM Perlu

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Merdeka.com - Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, survei global menunjukkan kebutuhan talenta digital dari level teknisi, engineer, hingga manajerial masih sangat kurang. Maka itu, kata dia, pihaknya meminta perusahaan teknologi global seperti Microsoft, Cisco hingga Google yang dinilai memiliki silabus baik untuk memberikan ilmunya kepada masyarakat Indonesia.

    Sejak tahun 2015 saat saya ke Silicon Valley, saya sudah bernegoisasi agar Apple segera hadir di Indonesia karena Indonesia terbuka terhadap bisnis internasional maupun investasi global yang bisa memberikan nilai tambah terutama untuk human capital di Indonesia, ujar dia dalam Graduation Fair pertama Apple Developer Academy di BSD Office Park.

    Menkominfo yakin, menggunakan sistem studi tiru yang serupa dengan studi banding dapat mempercepat peningkatan keterampilan SDM Indonesia di bidang digital.

    Ia percaya, kehadiran Apple Developer Academy bisa menjadi salah satu jalan agar Indonesia bisa melahirkan kota talenta digital ke-4 di dunia setelah San Fransisco, Bangalore dan Beijing.

    Hadir sejak tahun 2018, Apple Developer Academy kini telah memasuki Graduation Fair pertama yang melahirkan 200 mahasiswa terlatih. Bekerja sama dengan Binus University, Apple Developer Academy selama 9 bulan melatih ratusan mahasiswa tersebut untuk meningkatkan kreativitas pengembangan aplikasi yang dapat menjawab permasalahan sehari-hari.

    Selamat kepada ratusan mahasiswa yang lulus hari ini, kalian pantas mendapatkan masa depan Indonesia yang lebih baik. Buah pemikiran kalian bukan hanya untuk masa depan tapi juga untuk masa kini di Indonesia. Kalian telah memberikan nilai tambah lagi bagi ekonomi digital kita, ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Apples Vice President of Environment Policy and Social Initiatives, Lisa Jackson, mengatakan bahwa konsep aplikasi yang diberikan dari para mahasiswanya sangat menginspirasi dan membawa dampak perubahan kepada masyarakat. Apalagi, menurutnya mahasiswa-mahasiswinya juga akan turut berkontribusi bagi masa depan teknologi di Indonesia.

    Ini merupakan bukti baik dari komitmen dan keterampilan para siswa, maupun bahawa pemrograman Swift yang sederhana namun kuat. Saya ingin menyampaikan selamat kepada semua siswa yang lulus hari ini, ujar Lisa Jackson.

    Tahun ini, perusahaan Apple mulai mengembangkan Developer Academy lainnya di Indonesia, seperti akademi kedua di Surabaya bekerja sama dengan Universitas Ciputra.

    Pada akhir bulan Maret ini Apple juga akan membuka kembali kelas tahun kedua Apple Developer Academy bersama Universitas Binus. [idc]

    Sumber berita : Merdeka.com (13/03/19)

     Fauzan Jamaludin

    Berita Terkait

    Kemkominfo Tingkatkan Kemampuan Aplikasi PeduliLindungi

    Sampai hari ini, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai ratusan ribu orang. Angka ini terus bertambah dari hari ke hari. Selengkapnya

    Kemkominfo Tambah Fitur Aplikasi Simonas

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menambahkan beberapa fitur terbaru di aplikasi Sistem Informasi Monitoring Alumni Sertif Selengkapnya

    Menkominfo: Informasi Vaksin Covid akan Disampaikan Akurat

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, informasi terkait kedatangan vaksin akan disampaikan kepada masyarakat secara Selengkapnya

    Kemkominfo latih penggunaan aplikasi desa di PPU

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melatih penggunaan aplikasi administrasi kependudukan (adminduk) pada 30 desa di Kabupat Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA