FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 03-2019

    1601

    Menkominfo: Infrastruktur untuk Masa Depan Anak Bangsa

    Kategori Berita Kominfo | Viska
    Menkominfo Rudiantara (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo saat diskusi media di Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (12/3/2019). Diskusi tersebut mengangkat tema membangun Sumber Daya Manusia (SDM) menyongsong era industri 4.0. - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Sebagai negara berkembang, Indonesia tidak henti-hentinya berinovasi dan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk menuju hal itu, diperlukan pelayanan yang prima, yakni pembangunan infrastruktur berkelanjutan dan konsisten.

    Demikian disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara melalui Diskusi Media Forum Merdeka Barat (Dismed FMB) 9, di Jakarta, Selasa (12/03/2019). Forum diskusi tematik ini mengangkat tema "Membangun Sumber Daya Manusia Menyongsong Era Industri 4.0: Memastikan Infrastruktur TIK, Industri Manufaktur, SDM Riset, dan Skema Dukungan Anggaran".

    Menteri Rudiantara mengatakan, fokus pemerintah saat ini salah satunya pembangunan infrastruktur. Menurutnya, sektor ini merupakan salah satu faktor pendorong terpenting kemajuan sebuah negara.

    "Pemerintah membangun infrastruktur dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang sudah siap untuk bertarung di kancah global. Lewat program Digital Talent Scholarship, Indonesia akan menjadi negara yang lebih maju lagi dari hari ini,” ujar dia.

    Menurut Rudiantara, masyarakat harus merubah cara berpikir tentang infrastruktur yang tidak hanya jalan tol atau pembangunan fisik lainnya. Lebih dari itu, infrastruktur di bidang telekomunikasi juga menjadi pencapaian pemerintah yang perlu dukungan masyarakat luas.

    “Tol informasi atau seperti yang dikatakan KH. Ma’ruf Amin, tol langit juga penting. Yakni percampuran infrastruktur digital dengan perangkat keras, seperti Palapa Ring yang menghubungkan wilayah Barat, Tengah dan Timur,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen menyediakan infrastruktur telekomunikasi dengan membangun satelit sendiri milik Indonesia. Komitmen tersebut berdasar pada mimpi besar bahwa Indonesia harus menjadi bangsa yang kuat dan mampu bertarung di kancah internasional. 

    “Kita berharap, ke depan tidak ada lagi pendidikan yang tertinggal karena tidak terhubung dengan internet. Tidak ada lagi Puskesmas yang tidak terhubung dengan internet, sehingga kecepatan pelayanan kesehatan bisa maksimal,” Terang Rudiantara. 

    Selain Menkominfo, Dismed FMB 9 kali ini juga dihadiri Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ainun Na'im.**

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    [Berita Foto] Menkominfo Hadiri Acara Puncak Peringatan Hakordia 2023

    Presiden mengungkapkan, sebagai bagian dari upaya pencegahan korupsi pemerintah telah melakukan digitalisasi di berbagai pelayanan, seperti Selengkapnya

    Menkominfo: BAKTI Kawal Transformasi Digital Nasional

    Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Masyarakat Makin Produktif dengan Kemajuan Digital

    Kemajuan ekosistem digital yang sudah ada ini harus dijaga bersama oleh seluruh masyarakat dari kejahatan keuangan berbasis digital yang mak Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA