FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 03-2019

    878

    [DISINFORMASI] Polres Sleman Bantu Jokowi Kampanye

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Beberapa akun media sosial di Facebook menyebarkan foto dari sebuah acara yang diselenggarakan oleh Polres Sleman. Acara tersebut diduga merupakan ajang kampanye yang dilakukan oleh Jokowi dengan memanfaatkan kepolisian. Foto tersebut kemudian diberikan narasi bahwa tuduhan dari akun Opposite6890 tentang Alumni SAMBHAR dimana ribuan polisi jadi buzzer Jokowi bukanlah isapan jempol. Pada narasi tersebut juga disertakan himbauan bahwa polisi sudah tidak netral dan jangan biarkan polisi terlibat dalam pengawasan dan pengawalan pemilu.

    Berdasarkan penelusuran, acara tersebut bukanlah kegiatan kampanye Jokowi yang diselenggarakan oleh kepolisian. Acara tersebut merupakan event Millenial Road Safety Festival yang diselenggarakan oleh Polres Sleman pada tanggal 3 Maret 2019 lalu. Kegiatan yang menyasar kaum milenial ini adalah upaya dalam mewujudkan milenial yang cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang seperti dikutip dari slemankab.go.id. Acara tersebut terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan seperti senam kolosal milenial, Fun Walk, Free Style, Safety Riding, Deklarasi Generasi Millenial mendukung Road Safety menuju Zero Accident, serta hiburan dan doorprize. Dalam acara tersebut juga terdapat pemutaran video Millenial Road Safety yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. Video yang menampilkan Jokowi tersebut kemudian dipelintir oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan diberikan narasi hasil fabrikasi sehingga menciptakan disinformasi kepada publik.

    Link Counter :

    https://www.youtube.com/watch?v=Zep5EJasELw

    http://www.slemankab.go.id/14347/tekan-angka-kecelakaan-polres-dan-pemkab-sleman-gelar-millenial-road-safety-festival.slm

    Berita Terkait

    [HOAKS] Cara Deteksi Stroke dengan Gerakan Jari Tangan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Prediksi Gempa di Kabupaten Tuban Lebih Besar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Stanford University Akan Bangun Kampus di IKN

    Selengkapnya

    [HOAKS] Puskesmas Sewon I Kabupaten Bantul Membuka Lowongan Pekerjaan

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA