FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 03-2019

    1123

    [HOAKS] Kena Gangguan Jiwa Karena Terlalu Banyak Ikut Les

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Telah beredar pesan berantai di Whatsapp yang menyajikan informasi mengenai cerita seorang anak yang mengalami gangguna jiwa akibat terlalu banyak mengikuti les. Dalam pesan diceritakan anak berumur 6 tahun bernama Andi yang mengalami gangguan jiwa karena mengikuti banyak les dan disebutkan juga bahwa Andi sudah berobat di Rumah Sakit Jiwa yang berada di kawasan Jakarta Timur.

    Setelah ditelusuri, ditemukan fakta bahwa pesan tersebut adalah berita hoaks yang pernah muncul pada tahun 2014. Dilansir dari republika.co.id, Psikolog dari Rumah Sakit Duren Sawit, Jakarta-Timur, Nurul Annisa yang disebut-sebut sebagai rumah sakit  menampung anak usia enam tahun tersebut membantah dengan keras bahwa ada anak di bawah umur yang dirawat dirumah sakit tempatnya bekerja."Sejauh ini, tidak ada pasien usia enam tahun yang terdaftar sebagai pasien rawat inap. "Informasi tersebut tidak benar. Saya sudah mengkonfirmasi ke bagian rawat inap, tidak ada pasien seperti yang diberitakan,". Fakta lain menyebutkan bahwa ternyata di rumah sakit tersebut tidak memiliki fasilitas rawat inap anak di unit psikiatrinya. "Sejauh ini RS Duren sawit tidak menerima pasien rawat inap jiwa untuk anak,".

    Kesimpulan dari temuan diatas adalah Pesan berantai mengenai seorang anak yang mengalami gangguan jiwa akibat terlalu banyak mengikuti les adalah Tidak Benar.

    Link Counter :

    https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/11/28/nfqkxl-heboh-di-dunia-maya-kabar-anak-6-tahun-gila-ternyata-emhoaxem 

    https://id.theasianparent.com/anak-6-tahun-gila-karena-les-hoax

    Berita Terkait

    [HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Prabowo Bagikan Bantuan Puluhan Juta Rupiah untuk Lansia

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Pendaftaran Gebyar Undian Grand Prize Tabungan Bank Mandiri

    Selengkapnya

    [HOAKS] Ledakan Dahsyat Gunung Anak Krakatau

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA