FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
04 03-2019

79

[DISINFORMASI] PDIP : Pak Jokowi Selalu Puasa Senin Kamis, Ditambah Tadarus dan Tarawih Tiap Malam

Kategori Hoaks | mth

KATEGORI: DISINFORMASI

Penjelasan :

Telah beredar isu pada laman situs asiasatu.online yang menyajikan berita dengan tajuk "PDIP : PAK JOKOWI SELALU PUASA SENIN KAMIS, DITAMBAH TADARUS DAN TARAWIH TIAP MALAM". Isu tersebut telah banyak dibagikan di media sosial Facebook dan banyak postingan yang disertai dengan keterangan yang salah.

Setelah ditelusuri, isu yang disajikan oleh situs asiasatu.online adalah hasil suntingan dari cnnindonesia.com yang narasinya telah diubah sehingga menyebabkan disinformasi. Pada laman asiasatu.online disebutkan "(Jokowi) kerjanya mulai subuh sampai malam, makannya sering telat dan puasa Senin-Kamisnya enggak putus. Ditambah tadarus dan tarawih tiap malam. Saya pikir sesuatu yang menabok kita semua yang setiap hari ngomong takbir-takbir, tapi ternyata ditunjukkan oleh Jokowi. Enggak pernah ngomong tentang simbol agama, tapi spiritualitas dia jauh melebih dari religiusitas kita," kata Eva saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di salah satu restoran di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis.

Sedangkan isi berita asli dari cnnindonesia.com menyatakan bahwa "(Jokowi) kerjanya mulai subuh sampai malam, makannya sering telat dan puasa Senin-Kamisnya enggak putus. Saya pikir sesuatu yang menabok kita semua yang setiap hari ngomong takbir-takbir, tapi ternyata ditunjukkan oleh Jokowi. Enggak pernah ngomong tentang simbol agama, tapi spiritualitas dia jauh melebih dari religiusitas kita," kata Eva saat menjadi pembicara dalam sebuah diskusi di salah satu restoran di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (18/10). 

Berdasarkan temuan diatas, maka dapat dipastikan bahwa isu yang diposting oleh situs asiasatu.online adalah disinformasi.

Link Counter :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181018174030-32-339607/pdip-banggakan-keimanan-jokowi-yang-rajin-puasa-senin-kamis

Berita Terkait

[DISINFORMASI] Tak Bisa Ikut Pemilu Karena Dicoret KPU, Akhirnya PSI Ngamuk Sampai Banting Meja

Selengkapnya

[DISINFORMASI] Seorang Pria Hidup Kembali Setelah Dikubur di Dalam Lumpur di Pontianak

Selengkapnya

[DISINFORMASI] Teroris di Selandia Baru adalah Jihadis ISIS Turki

Selengkapnya

[DISINFORMASI] Wanita Sholat di Bandara, Sepatu Ditukar dengan Alas Kaki Berisi Narkoba

Selengkapnya