FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    04 03-2019

    2128

    2019, Rudiantara: Investasi Infrastruktur Digital Lebih Besar

    Kategori Sorotan Media | daon001

    TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebutkan nilai investasi yang akan dibenamkan guna membangun infrastruktur digital akan cukup besar hingga dua tahun ke depan. “Dipastikan angka (investasi) untuk 2 tahun mendatang lebih besar dengan mengombinasikan teknologi yang lebih efisien dengan kemampuan yang lebih besar,” katanya, Ahad, 3 Maret 2019.

    Saat ini, kata Rudiantara, Kementerian Kominfo tengah menghitung nilai investasi untuk pembangunan infrastruktur digital untuk jangka waktu 5 tahun mendatang. 

    Sementara itu, dalam sebuah studi yang dilakukan Axiata dan A.T. Kearney disebutkan Pemerintah Indonesia perlu meningkatkan nilai investasi untuk sektor infrastruktur digital menjadi 2,5 persen dari total PDB. Angka tersebut setara dengan Rp 275-300 triliun per tahun untuk 5 tahun ke depan.

    Nilai investasi tersebut diperlukan khususnya untuk area-area yang dinilai krusial, seperti keamanan siber, jaringan, dan komputasi awan. Adapun, area-area yang dianggap krusial tersebut, meliputi keamanan, jaringan, komputasi awan, data analytics, Internet of Things (IoT), otomatisasi, area kerja digital, omnichannel customer experience, deep customization, dan enhanced responsiveness.

    Lebih lanjut, laporan A.T. Kearney itu menyebutkan investasi infrastruktur digital di Tanah Air saat ini setara 1,3 persen dari total PDB. Angka tersebut berada di bawah negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand (2,4 persen), Malaysia (4,5 persen), dan Singapura (6,6 persen).

    Menjelang akhir 2018 lalu Indonesia tercatat berada di barisan belakang dalam hal realisasi investasi infrastruktur digital khususnya terkait keamanan siber dengan porsi 0,02 persen dari total PDB. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Cina sebesar 0,03 persen, Filipina dan Vietnam sebesar 0,04 persen, Thailand sebesar 0,05 persen, dan Malaysia 0,08 persen.

    Sumber berita : Tempo.co (04/03/19)

    Rr. Ariyani Yakti Widyastuti

    Berita Terkait

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    Hari Nusantara Jadi Momentum Akselerasi Transformasi Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Johnny G. Plate mengatakan bahwa Hari Nusantara yang jatuh pada Minggu (13/12) dapat menj Selengkapnya

    Pemerintah Lakukan Transformasi Digital Melalui Empat Pilar

    Untuk memaksimalkan potensi bangsa dalam ekonomi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah membangun infrastruktur digital yang Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA