FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 03-2019

    1698

    Kembangkan Tourism 4.0 Jadikan Milenial Sasaran Utama

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Jakarta, Kominfo-  Upaya pemerintah mengembangkan pariwisata melalui tourism 4.0 menjadikan milenial sebagai sasaran utama. “Anak muda sekarang tidak bisa lepas dari travelling, smartphone dan media sosial. Separuh hidup anak muda didedikasikan untuk media sosial, dan travelling menjadi prioritas saat waktu libur tiba,” ungkap Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono dalam Diskusi Panel Rakornas Pariwisata I 2019 di Sultan Hotel Jakarta, Jumat (1/3/2019).

    Don menambahkan saat ini era sosial media dengan efektivitas 4 kali lebih efektif dibandingkan dengan yang lain, sehingga hadirnya komunitas anak muda yang peduli pariwisata yaitu Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) menjadi penting.

    “Kehadiran GenPI mampu membawa anak muda ke arah positif dalam koridor pariwisata. Mereka akan mengeksplorasi seluruh destinasi pariwisata yang ada di Indonesia. GenPI juga bertugas memviralkan semua karyanya untuk mengangkat pariwisata Indonesia,” ujar Don.

    Ditambahkan Don bahwa pada tahun 2018, GenPI sukses membuat 1.451 trending topic di Twitter. Sementara di awal 2019 ini sudah 110 trending topic yang dibuat. Trending topic menyangkut destinasi wisata, Calendar of Event (CoE) pariwisata dan kebijakan pariwisata. Di samping itu mereka juga tidak boleh membuat konten yang didalamnya menyangkut politik, hoaks dan SARA, semuanya hanya mengenai pariwisata Indonesia.

    Hadirnya tourism 4.0 ini juga diharapkan mampu memunculkan banyak lagi startup di bidang pariwisata. Kepala Seksi Perancangan Pemberdayaan Kreativitas Teknologi Informasi dan Komunikasi Sonny Sudaryana Startup di bidang tourism mencapai 17.7%. “Startup yang terkait tourism mencapai 17.7%, masih dibutuhkan validasi lagi namun mulai banyak yang melihat potensi tourism dengan menghadirkan startup di bidang pariwisata. Salah satunya startup yang ada di Bandung yang mencoba menawarkan solusi tourism,” jelas Sonny.

    Pengembangan pariwisata tourism 4.0 yang ditujukan bagi milenial diharapkan pertumbuhannya terus berlipat. Selain itu juga bisa mengangkat pariwisata Indonesia di dalam dan di luar negeri melalui eksplorasi seluruh destinasi wisata di tanah air. (VE)

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Jangkauan Komunikasi Publik dengan Jaringan Media Center

    Dirjen Usman Kansong mengharapkan motivasi pemangku kepentingan akan meningkat untuk berkolaborasi dan sinergi dengan Direktorat Pengelolaan Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA