FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    26 02-2019

    1684

    Menkominfo: Investasi Unicorn untuk Masyarakat Indonesia

    SIARAN PERS NO. 46/HM/KOMINFO/02/2019
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Kominfo Rudiantara menegaskan tujuan investasi Unicorn untuk masyarakat Indonesia. "Baik itu yang memudahkan aktifitas sehari-hari, menciptakan lapangan pekerjaan serta memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema "Investasi Unicorn untuk Siapa?" di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa, (26/02/2019). - (**)

    SIARAN PERS NO. 46/HM/KOMINFO/02/2019
    Selasa, 25 Februari 2019
    Tentang
    Menkominfo: Investasi Unicorn untuk Masyarakat Indonesia

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menanggapi keresahan sebagian masyarakat tentang investasi Unicorn di Indonesia. Menteri Rudiantara menegaskan tujuan investasi Unicorn untuk masyarakat Indonesia.

    "Jadi kalau ditanyakan Unicorn untuk siapa maka yang jelas adalah untuk masyarakat kita. Baik itu yang memudahkan aktifitas sehari-hari, menciptakan lapangan pekerjaan serta memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema "Investasi Unicorn untuk Siapa?" di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa, (26/02/2019).

    Menurut Rudiantara kehadiran Unicorn justru menjadi bagian penting untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial.

    "Karena mereka (Startup dan Unicorn) mampu menyelesaikan permasalahan di Indonesia, menyelesaikan permasalahan masyarakat. Contoh Gojek, kenapa tidak ditutup? Karena mempermudah transportasi di Indonesia. Atau, apa mau Traveloka ditutup? Kan tidak," kata Menteri Rudiantara

    Menteri Rudiantara mencontohkan, salah satu Unicorn di Indonesia yaitu Traveloka yang memudahkan masyarakat untuk memesan tiket pesawat, kamar hotel atau lain sebagainya  hanya dengan aplikasi di gadget.

    Menteri Rudiantara menjelaskan pertumbuhan startup digital dan Unicorn di Indonesia sangat cepat, karena sejalan dengan perkembangan teknologi yang juga sangat cepat.

    Meskipun demikian, Menteri Rudiantara menyatakan aplikasi teknologi yang dikembangkan bukanlah layaknya dewa, maka yang paling penting untuk dikembangkan adalah pola pikir kita.

    "Karena itu kita harus dorong Startup Indonesia, dari sini akan tumbuh pemikiran baru, kalau Startup sudah divaluasi secara bisnis, barulah kita bicara Unicorn," ucap Menteri Rudiantara.

    Salah satu peran pemerintah, menurut Menteri Rudiantara adalah mempermudah masyarakat, apalagi masyarakat atau anak muda bangsa yang ingin mengembangkan bisnis digitalnya menjadi Startup hingga menuju Unicorn. Oleh karena itu, dalam hal perijinan, Kementerian Kominfo selalu memudahkan masyarakat.

    "Pemerintah justru dari sisi regulasi mempermudah masyarakat, kalau ada yang sudah siap menjadi Startup di Indonesia tidak perlu minta izin ke Kominfo, ke Kominfo hanya registrasi, registrasinya pun online. Jadi kalau tidak perlu ijin ya tidak perlu ijin, ijinnya nanti di sektor. Contohnya fintech, ijinnya ya ke OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," kata Menteri Rudiantara.

    Selain itu, Menteri Rudiantara juga menjelaskan Pemerintah melalui Kementerian Kominfo terus berupaya memberikan fasilitas di bidang teknologi untuk masyarakat. Salah satunya melalui Program 1000 Startup Digital. Program itu ditujukan untuk menyiapkan pelaku-pelaku bisnis yang ingin menjadi Startup dan Unicorn.

    "Kita fasilitasi masyarakat agar bagaimana mereka diinkubasi dan diakselerasi. Jadi, pemerintah saat ini melakukan akselerasi seperti banyaknya Startup yang bagus-bagus dan berkualitas tapi masih minim pendanaan. Sehingga, program 1000 Startup merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat," ucap Menteri Rudiantara.

    Seperti yang diketahui, saat ini, Indonesia memiliki empat Unicorn yakni Gojek, Traveloka, Bukalapak dan Tokopedia. Sementara Startup digital terus bertambah setiap saat.

    Menteri Rudiantara berharap, dalam waktu dekat salah satu diantara Unicorn yang ada harus menjadi Decacorn. Jika hal ini terjadi, menurut Rudiantara sudah jelas pertumbuhan ekonomi Indonesia khususnya di era digital ini berkembang sangat baik. **

    Ferdinandus Setu
    Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Fax : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 276/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Menteri Budi Arie Ajak Kolaborasi TBI Susun Regulasi AI

    Penyusunan regulasi mengenai AI memerlukan pertimbangan aspek fundamental unhtuk meminimalkan risiko pemanfaatan teknologi yang makin banyak Selengkapnya

    Siaran Pers No. 275/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Uji Coba Konektivitas Digital IKN, Kominfo Apresiasi Dukungan TBI

    TBI akan membuat studi mengenai kedaulatan dan keamana data berkaitan dengan penggunaan teknologi satelit. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 274/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Terima Tony Blair, Menkominfo Bahas Kerja Sama Percepatan Transformasi Digital

    Menkominfo mengharapkan kolaborasi dengan Tony Blair Institute for Global Change (TBI) akan terus berlanjut dalam mengimplementasikan Sistem Selengkapnya

    Siaran Pers No. 273/HM/KOMINFO/04/2024 tentang Akselerasi Ekonomi Digital, Menkominfo Jajaki Peluang Kerja Sama Joint Lab

    Menurut Menkominfo, pembentukan Joint Lab diarahkan untuk akselerasi penerapan teknologi pada sistem pembayaran layanan keuangan, khususnya Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA