FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    25 02-2019

    2372

    Jemput Bola Edukasi Perangkat Telekomunikasi ala Balmon Surabaya

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Surabaya, Kominfo - Upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melakukan edukasi mengenai pemanfaatan perangkat telekomunikasi dan penggunaan spektrum frekuensi mulai dilakukan lebih proaktif. Tim Balai Monitor Kelas I Surabaya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika melakukan jemput bola dengan mendatangi langung masyarakat di area publik. 

    Dibawah kegiatan bertajuk Balmon Menyapa Warga Surabaya, Balmon Kelas I Surabaya, para pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen SDPPI di Jawa Timur itu dibagi dalam beberapa kelompok dan disebar ke sejumlah mall, terminal, dan tempat keramaian di mana masyarakat dan komunitas biasa berkumpul.

    "Kita menyebar pegawai untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahayanya penggunaan frekuensi radio secara ilegal dan perangkat telekomunikasi yang tidak bersertifikat." jelas Kepala Balmon Kelas I Surabaya, Sensilaus Dore di Surabaya, Jumat (22/02/2019).

    Menurut Sensilaus Dore, lokasi-lokasi itu dipilih karena memang sebagai pusat perdagangan barang elektronik, termasuk perangkat telekomunikasi seperti handphone dan alat komunikasi lainnya

    "Sasaran sosialisasi jemput bola ini adalah para pengunjung Terminal Purabaya, Jembatan Merah Plaza, Tunjungan Plaza, World Trade Center Surabaya, Tunjungan Center, dan Pasar Genteng Surabaya," paparnya.

    Selain menjelaskan langsung kepada masyarakat, Tim Balmon Surabaya juga memberikan surat imbauan kepada penjual, distributor, maupun agen perangkat telekomunikasi untuk terlibat secara aktif menegakkan aturan dengan tidak menjual alat atau perangkat telekomunikasi ilegal.

    Menurut Sensilaus Dore, sosialisasi semacam itu akan berkelanjutan guna mengingatkan masyarakat. "Dengan kegiatan ini diharapkan potensi gangguan terhadap frekuensi radio untuk kepentingan-kepentingan strategis akibat penggunaan frekuensi dan perangkat telekomunikasi ilegal bisa ditekan," ungkapnya.

    Tidak hanya di dalam terminal, pegawai Balmon Surabaya juga mengedukasi masyarakat di dalam armada transportasi massal “Surabaya Bus” yang sedang membawa penumpang ke sejumlah tujuan di Surabaya.

    Surabaya Bus yang disediakan Pemerintah Kota Surabaya itu didesain untuk memberikan kenyamanan bagi tamu-tamu yang berkunjung ke Kota Pahlawan. Transporatasi massal ini juga dirancang untuk mendukung lingkungan bersih karena penumpangnya bisa membayar dengan sampah plastik.

    "Kesamaan konsep dalam menjaga dan kelestarian sumber daya alam inilah yang menjadi titik awal sinergi dengan Pemerintah Kota Surabaya di masa yang akan datang," ujar Sensilaus Dore.

    Berita Terkait

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Perangkat Telekomunikasi Ilegal Temuan Balmon Jayapura

    Terdapat 63 unit perangkat radio komunikasi untuk jenis penggunaan layanan dinas bergerak darat khususnya sistem komunikasi radio konvension Selengkapnya

    Jaga Kualitas Layanan Telekomunikasi, Kominfo Operasikan Pusat Monitoring

    Operasional PMT bertujuan untuk memastikan bahwa semua aspek pelayanan telekomunikasi, pos, dan penyiaran dapat berjalan baik sesuai dengan Selengkapnya

    Beri Efek Jera, Kominfo Musnahkan Perangkat Hasil Penertiban

    Tindakan pemusnahan merupakan bagian dari upaya Kementerian Kominfo memberikan pemahaman yang seragam kepada pelaku usaha tentang arti penti Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA