FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    23 02-2019

    2152

    Menkominfo Dorong Akademisi Kaji Dampak Sosial Teknologi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menkominfo Rudiantara memberikan pemaparan saat menjadi pembicara utama dalam acara ISIPOL Talk (I-Talk) bertajuk "The Age of Digital Literacy: Opportunities and Challenges" di FISIP Universitas Gadjah Mada, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019). Dalam acara yang menjadi bentuk dukungan terhadap pendidikan literasi digital kepada mahasiswa itu Menteri Rudiantara memberikan pemaparan mengenai peluang dan tantangan era digital serta berbagai program yang dilakukan pemerintah khususnya Kominfo dalam menghadapi era digital.  - (antarafoto)

    Yogyakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mendorong akademisi untuk melakuan kajian atau studi mengenai dampak sosial teknologi. Menurutnya, kehadiran teknologi memicu munculnya pola-pola kompleksitas kehidupan sosial dan politik masyarakat, sehingga membutuhkan pendekatan baru dalam mengelola kompleksitas tersebut.

    “Studi-studi seperti ini sangat penting. Ketika bicara teknologi kita juga harus tahu bagaimana dampak sosialnya,” ucapnya saat mengunjungi fasilitas riset Center for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Sabtu (23/02/2019).

    CfDS merupakan pusat studi yang didirikan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM untuk mengkaji perkembangan dan dinamika kehidupan sosial-politik kontemporer di dunia, yang ditandai dengan pengaruh dari tekonologi informasi.  Mulai dari kota pintar, pembangunan urban dan proses digitalisasi, serta beragam solusi-solusi pada permasalahan dan isu sosial.

    "Kajian-kajian ini, dapat menjadi rekomendasi bagi pemerintah maupun aktor-aktor lain di sektor digital dalam menghasilkan kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat," ungkap Rudiantara.


    Kikis Kesenjangan Akses

    Sebelumnya, dalam acara ISIPOL Talk (I-Talk) bertajuk "The Age of Digital Literacy: Opportunities and Challenges" di FISIP Universitas Gadjah Mada, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (23/2/2019), Menteri Kominfo memaparkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi melalui Proyek Palapa Ring yang didukung dengan satelit. Upaya itu menurutnya akan mengatasi ketimpangan akses jaringan internet antara kota dan daerah di Indonesia. Bahkan bisa melayani akses internet cepat sampai di Papua.

    "Konstruksinya sudah selesai, dan pertengahan tahun nanti semua akan diintegrasikan. Dengan satelit ini saudara-saudara kita di Papua bisa menikmati internet yang setara dengan kita di sini," tuturnya. 

    Menurut Rudiantara, pembangunan jaringan kabel serat optik Palapa Ring menjangkau selluruh Indonesia. "Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku serta satu backhaul untuk menghubungkan semuanya," jelasnya.

    Menteri Kominfo menyatakan saat ini masih terjadi ketimpangan akses internet antara kota besar dengan kawasan timur Indonesia. Pengguna internet di kota-kota besar di Pulau Jawa bisa memperoleh throughput rata-rata sebesar 7 Mbps jaringan 4G, sedangkan di Maluku dan Papua hanya 300 Kbps.

    "Mereka hanya mendapatkan sekitar 1/23 persen dari akses internet yang kita dapatkan di Jawa, tapi mereka  harus membayar harga yang lebih mahal," ucap Rudiantara.

    Oleh karena itu, menurut Rudiantara, Palapa Ring sebagai jaringan tulang punggung broadband backbone menjadi salah satu kebijakan prioritas Pemerintah.

    Digitalisasi

    Dalam acara itu, Menteri Kominfo juga mengupas berbagai tantangan dan peluang dari era digital. Di tengah peningkatan penetrasi internet di Indonesia, Menteri Kominfo menyoroti adanya perubahan gaya hidup masyarakat yang mulai memanfaatkan teknologi digital dalam berbagai aspek, mulai dari pendidikan, kesehatan, transportasi, kesehatan, hingga keuangan.

    Menghadapi era ini, Menteri Kominfo menegaskan perlunya peningkatan literasi digital di tingkat umum, serta mengembangkan sumber daya manusia yang terampil dalam penggunaan teknologi untuk memenuhi kebutuhan pembangunan hingga beberapa tahun ke depan.

    Sumber

    Berita Terkait

    [Berita Foto] Menkominfo Audiensi dengan Diaspora Indonesia di Barcelona

    Menteri Budi Arie mendorong Diaspora Indonesia di Spanyol memberikan sumbangsih bagi Indonesia. Selengkapnya

    Menkominfo Pimpin Rapat Persiapan Peringatan Natal Nasional

    Menkominfo meminta segenap jajaran panitia untuk memastikan semua persiapan dapat dipenuhi mengingat waktu pelaksanaan yang semakin dekat pa Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Kominfo Dorong Mahasiswa Manfaatkan Teknologi AI

    Pemerintah berupaya mempercepat manfaat dan meminimalisasi risiko AI di beberapa bidang prioritas, misalnya bidang kesehatan, dan reformasi Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA