FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 02-2019

    1507

    [HOAKS] Disindir Jokowi, Hotman Paris: Prabowo Rebut Tanah Itu Dari Asing

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

     Pasca debat Calon Presiden (Capres) 17 Februari 2019 kemarin viral sebuah postingan yang dikatakan sebagai perkataan pengacara Hotman Paris Hutapea. Dalam berbagai postingan yang tersebar, tertulis pada judul “Disindir Jokowi, Hotman Paris: Prabowo Rebut Tanah Itu Dari Asing.” Klaim bahwa Hotman Paris memberikan pernyataan itu viral di beberapa platform, seperti Facebook, Portal Daring, dan Youtube.

     

    Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan fakta bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari akun instagram pribadi milik hotman paris, ditemukan keterangan resmi dari hotman paris sendiri yang mengatakan bahwa dirinya tidak pernah dihubungi wartawan atau pun siapa saja terkait debat capres yang menyinggung tanah Prabowo Subianto tersebut.

    "Saya tidak pernah membuat pernyaaan apa pun. Saya tidak pernah diberi diwawancara oleh wartawan apa pun berita itu adalah hoax. Termasuk dari yang mengaku harian merdekacom," ujar Hotman Paris Hutapea. Tetapi, Hotman Paris Hutapea akhirnya mengakui bahwa dulu dirinya pernah menangani perkara hukum terkait masalah pertambangan.Dalam usaha perkara Izin Usaha Pertambangan (IUP) itu, kata Hotman Paris Hutapea, dirinya memang berhadapan dengan Churchill Mining Plc."Memang jaman dulu saya pernah tangani perkara dalam tambang. Empat perkara IUP melawan Churchill Mining Plc dari inggris. Tapi itu tidak ada kaitannya dengan sindirian Jokowi tersebut," kata Hotman Paris. Dia menambahkan, "Saya tak pernah buat pernyataan apa pun karena saya netral dalam bidang politik.

    Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar.

    Link Counter :

    https://www.instagram.com/p/BuCv_aJA1sY/

    Berita Terkait

    [HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemberian Giveaway Uang Puluhan Juta oleh Inul Daratista

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Kuliah Gratis Ikatan Dinas

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mendikbudristek akan Mengganti Seragam Sekolah Setelah Lebaran 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA