FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 02-2019

    1000

    Rudiantara Sebut Indonesia Punya Unicorn Terbanyak se-ASEAN

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Komunikasi dan Informasi (MenkominfoRudiantara sesumbar Indonesia saat ini memiliki perusahaan rintisan dengan valuasi Rp1 triliun (unicorn) terbanyak di Asia Tenggara.

    Perdebatan soal unicorn mencuat usai dibahas oleh calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Debat Capres Kedua Pilpres 2019.

    "Indonesia itu boleh dikatakan extra ordinary, ya iyalah unicorn kita paling banyak di negara ASEAN, dan mau dapat bonus lagi kan," kata Rudiantara saat ditemui usai diperiksa di Kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (18/2).

    Rudiantara menyebut pesatnya pertumbuhan perusahaan rintisan hingga unicorn di Indonesia didukung oleh ekosistem yang baik.

    Menurutnya di pemerintahan Presiden Jokowi saat ini telah tercipta kemudahan regulasi, pendanaan, dan infrastruktur yang memadai.

    "Sudah pasti pemerintah Indonesia arahnya ke arah ekonomi digital, ini tidak bisa dihindari. Di dunia kita bersaing juga ke arah digital semuanya," ujar dia.

    Ia kembali menyebut Kominfo menargetkan tahun 2019 bakal ada satu unicorn lagi dari Indonesia. Kominfo memprediksi unicorn baru dari bidang kesehatan dan pendidikan karena porsi besar di APBN.

    Dua nama yang beredar adalah Halodoc dari bidang kesehatan dan Ruangguru dari bidang pendidikan. Namun Rudiantara tidak mau mengonfirmasi hal itu.

    "Saya tidak (bisa menyebut), bukan keluar dari saya-lah," ucap Rudiantara sembari tertawa.

    Sebelumnya, unicorn jadi perbincangan usai jadi bahasan dalam Debat Capres Kedua Pilpres 2019. Jokowi sempat bertanya kepada Prabowo, apa rencananya membangun infrastruktur untuk memajukan perkembangan unicorn di Indonesia.

    Prabowo sempat menyampaikan jawaban menggelitik karena seperti tidak mengerti maksud pertanyaan Jokowi, ia pun bertanya balik untuk meminta penjelasan.

    "Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya, kan?" kata Prabowo. (dhf/rea)

    Sumber Berita : CNN Indonesia

    Berita Terkait

    Laos Belajar Ke Indonesia Kembangkan Ekonomi Digital

    Pemerintah Republik Rakyat Demokratik Laos (Lao PDR) tertarik dengan cara Indonesia mengembangkan ekonomi digital. Selengkapnya

    Indonesia Jadi Juara Umum Kompetisi Teknologi Informasi Dan Komunikasi ASEAN

    Tahun 2019 ini merupakan pencapaian terbaik Tim ASEAN ICT Award atau AICTA Indonesia selama 8 kali keikutsertaannya berturut-turut. Tahun in Selengkapnya

    Di Depan Investor, Rudiantara: Kami Ingin Banyak Unicorn RI

    Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) siap mendukung pertumbuhan startup Selengkapnya

    Buka IDByte Esports 2019, Rudiantara: Potensi Industri Game Indonesia Besar

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan gelaran IDByte Esports 2019 yang berlangsung di ICE BSD, Banten, pada Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA