FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2019

    1219

    [HOAKS] Jokowi Pakai Alat Bantu Komunikasi Dalam Debat Kedua Pilpres 2019

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan :

    Beredar berita tidak benar dan viral di sosial media yang menuding presiden Jokowi menggunakan alat bantu komunikasi saat berada di panggung debat kedua pilpres pada tanggal 17 Februari 2019. Berdasarkan narasi pesan dijelaskan bahwa alat bantu komunikasi itu berupa wireless earphone, termasuk yang berbentuk pulpen. Disebutkan pula jika alat tersebut sangat kecil sehingga tak terlihat. Kabar ini beredar di media sosial Facebook pada Senin 18 Februari 2019. Unggahan ini telah dibagikan sebanyak lebih dari 35.872 kali oleh akun Facebook lain. Selain itu, unggahan itu juga telah mendapatkan respons sebanyak lebih dari 5.105 kali.

    Jokowi membantah isu tersebut kemudian menunjukkan pulpen yang digunakannya saat debat. "Ah, ada-ada aja sih. Itu fitnah-fitnah seperti itu jangan diterusin lah. Ini pulpennya. Ya cek saja. Jadi enggak usah buat isu-isu yang fitnah begitulah," ujar Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

    Salah satu komisioner KPU, Hasyim Asy'ari, mengungkapkan bahwa alat yang dipakai Jokowi dan Prabowo merupakan alat pengeras suara atau microphone yang dipasang di baju bagian depan. Alat itu berkabel yang kabelnya dimasukkan ke dalam baju dan terhubung alat yang ditempelkan di bagian belakang celana.

    Link Counter :

    https://news.detik.com/berita/d-4432710/jokowi-bantah-pakai-earpiece-saat-debat-fitnah-nggak-bermutu

    https://nasional.kompas.com/read/2019/02/18/12403821/klarifikasi-jokowi-pakai-alat-bantu-komunikasi-saat-debat-kedua

    Berita Terkait

    [HOAKS] Mendikbudristek akan Mengganti Seragam Sekolah Setelah Lebaran 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bank Indonesia Resmi Keluarkan Uang Rp1.0

    Selengkapnya

    [HOAKS] Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Mempromosikan Obat Hipertensi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Jusuf Hamka Bagikan THR Lebaran di TikTok

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA