FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2019

    6472

    [DISINFORMASI] Kebiasaan Memasak Nasi Di Rice Cooker Yang jadi Pemicu Anak-Anak Menderita Kanker Dan Diabetes

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS/DISINFORMASI

    Penjelasan :

    Telah beredar sebuah postingan di sosial media pada platform facebook tentang kebiasaan memasak nasi di rice cooker yang jadi pemicu anak-anak menderita kanker dan diabetes. Postingan tersebut disertai dengan cerita bahwa kebiasaan mengeluarkan nasi lebih dari 12 jam bisa memicu diabates melitus dan kebiasaan tersebut merupakan perbuatan berbahaya untuk anak-anak dan keluarga karena sama halnya memberi makan anak-anak dan keluarga dengan racun.

    Adapun faktanya, isu memasak nasi di rice cooker yang jadi pemicu anak-anak menderita kanker dan diabetes ini sudah cukup lama beredar di media sosial dan cukup ramai dibahas. Dilansir dari health.detik.com Spesialis gizi dr.Ana mauriana Singal MGizi,SpGK menjelaskan bahwa pemicu masalah kesehatan tidak dapat hanya satu faktor saja. Proses tanak beras melalui rice cooker atau magic jar dengan waktu tertentu tidak menentukan seseorang akan mengalami peningkatan glukosa darah atau diabetes melitus. Sedangkan Staf Divisi Metabolik Endokrin Departemen fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr.Em Yunir. Juga mengatakan kalau hal tersebut belum ada data penelitiannya sehingga belum diketahui kebenarannya. Hal yang sama juga dikatakan oleh pakar gizi RS Medistra, Dr.Cindiawaty Pudjiadi yang menyebutkan kalau selama ini belum menemukan penelitian tantang hal tersebut.

    Link Counter :

    https://www.liputan6.com/health/read/2631482/makan-nasi-yang-dihangatkan-bisa-beracun

    https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3802945/benarkah-nasi-yang-terus-dipanaskan-dalam-rice-cooker-bisa-beracun

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pengadaan Barang dan Jasa di Kementerian Pertahanan Diatur oleh Dasco

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] KPU Tolak Pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai Cawapres

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Perubahan Nama Lokasi Mahkamah Konstitusi Menjadi Mahkamah Keluarga pada Google Maps

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA