FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 02-2019

    1391

    Indonesia dan Arab Saudi Sempurnakan Inisiatif Kolaborasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo -  Pemerintah Indonesia bersama Kerajaan Arab Saudi (Kingdom of Saudi Arabia/KSA) menyempurnakan inisiatif kerja sama solusi digital di kedua negara. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan inisiatif kerja sama di bidang digital sudah disampaikan kepada Crown Prince Mohammed Bin Salman.

    "Sudah disampaikan pada waktu G20 Summit di Buenos Aires pada bulan Desember tahun lalu. Dan Crown Prince menyambut baik inisiatif ini," ungkap Rudiantara ketika memberikan sambutan pengantar dalam Pembukaan Workshop KSA-Indonesia Digital Collaboration di Jakarta,  Minggu (17/02/2019).

    Workshop itu ditargetkan untuk menyempurnakan capaian pembahasan di Bali, tahun lalu. Terutama dalam penajamkan cakupan dari Umroh Experience Digital Platform, pengembangan digital solution untuk memberdayakan UMKM yang berkaitan dengan kegiatan umroh, serta membuat 1.000 Digital Innovation Program dengan adopsi pengalaman Indonesia dalam Program 1.000 Start Up Digital.

    Menteri Kominfo Rudiantara mengharapkan kerja sama itu akan bisa berjalan baik dan memberikan manfaat bagi kedua negara.  "Kedepan harapannya kerjasama ini bisa berjalan baik antara kedua negara," ungkapnya.

    Ketua Delegasi KSA yang juga menjabat Entrepreneurship Support Director, Ministry of Communications and Information Technology KSA, Ibrahem Alnasser, menyampaikan bahwa kerja sama Indonesia-KSA Digitial Collaborations sudah dijalankan sejak lama.

    "Semenjak pelaksanaan Program Nexticorn Summit pada bulan November tahun lalu," ungkapnya.

    Bahkan ia menyampaikan kabar gembira persetujuan Kabinet  KSA terhadap MoU Kerja Sama antara Indonesia dan Saudi Arabia. 

    "Kami menyampaikan kabar gembira bahwa dari Cabinet of KSA telah menyetujui konsep MoU kerjasama antara Indonesia dan Saudi Arabia. Dan kami berkomitmen untuk menjalankan kerjasama ini," ungkapnya.

    Kegiatan yang langsung dikawal Menteri Kominfo Rudiantara itu  juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Staf Khusus Menkominfo bidang PMO dan Digital Ekonomi, Lis Sutjiati serta Partner of EY Indonesia Nawal Nelly dan Ben Koesmuljana, Partner Convergence Venture, Donald Wihardja dan dari PwC Roman Neidelka.

    Adapun Delegasi Arab Saudi dipimpin oleh Entrepreneurship Support Director, Ministry of Communications and Information Technology KSA, Ibrahem Alnasser. Ia didampingi Digital Partnership Lead, National Digitization Unit (NDU) Nayef al Abdulhadi, Manager Strategic Alliances Department Corporate,  ELM Company, Moaid Abdulraheem Shuaibi, dan Innovation Director, Monsha'at, Abdulmajeed Alomrani.

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Terima Kunjungan Pelajar SD, Kominfo Berbagi Informasi Dinamika Dunia Digital

    Lebih dari itu, juga memberikan gambaran upaya Pemerintah dalam menciptakan akses internet yang merata. Menurutnya, hal itu penting agar par Selengkapnya

    Panji Gumilang Ditahan Aparat Kepolisian? Itu Disinformasi!

    Konon dalam keluku atau thumbnail video terdapat foto Panji Gumilang yang dibawa oleh aparat kepolisian dan mengenakan baju tahanan berwarna Selengkapnya

    Indonesia Dikuasai Komunis? Awas Disinformasi!

    Konon video tersebut berisi informasi Indonesia telah dikuasai komunis dan rezim komunis itu mempersulit umat Islam. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA