FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 02-2019

    16335

    [HOAKS] Minum dengan Posisi Berdiri Bisa Timbulkan Sakit Batu Ginjal

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:

    Beredar informasi tidak benar di media sosial dengan sebuah narasi; "Minum air dengan posisi duduk lebih sehat daripada minum air sambil berdiri. Minum air sambil berdiri salah satu penyebab batu ginjal."

    Beberapa orang meyakini bahwa minum sambil berdiri dapat membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring. Namun menurut ahli urologi dari RS Cipto Mangunkusumo, dr Ponco Birowo, SpU.PhD, tidak ada perbedaan ketika orang minum sambil duduk maupun berdiri. Menurut dr Ponco, penyaringan air minum tidak serta merta terjadi begitu saja di saluran menuju ginjal. Ketika masuk kerongkongan, minuman apapun terlebih dahulu akan ditampung lalu mengalami penyerapan di lambung yang prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam.

    Terkait anggapan bahwa ada semacam katup atau sphincter yang menjadi tidak aktif saat berdiri, dokter yang juga berpraktik di RS Asri Jakarta ini kembali membantah. Selama tidak ada gangguan kesehatan pada saluran kemih, sphincter akan tetap berfungsi baik dalam posisi duduk maupun berdiri.

    Minum sambil duduk kadang lebih dianjurkan dengan alasan lebih sopan, namun bukan berarti bisa meningkatkan kesehatan ginjal. Untuk menjaga kesehatan gijal, yang harus dilakukan adalah banyak minum air putih agar kotoran-kotoran bisa larut sehingga lebih mudah disaring oleh ginjal.

    Link counter:

    https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1708453/minum-sambil-berdiri-tidak-membahayakan-ginjal

    Berita Terkait

    [HOAKS] Presiden Jokowi Bentak Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah

    Selengkapnya

    [HOAKS] Serpihan Batu yang Berasal dari Ulekan Dapat Menyebabkan Batu Ginjal

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gambar Antrean Beras Tahun 1965 dan Tahun 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Kuliah Gratis Ikatan Dinas

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA