FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    12 02-2019

    3642

    [HOAKS] Cacing Hidup di Sarden

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI HOAKS

    Penjelasan : 

    Beredar berita yang tidak benar di sosial media (Facebook) yang mengatakan bahwa adanya cacing hidup dalam Sarden (makanan kaleng). 

    Faktanya, cacing tidak akan bertahan hidup melalui proses pengalengan produk tersebut. Ayam Brand, salah satu brand pembuat produk Sarden yang meskipun brand berbeda karena standar proses pembuatan sama, mengklarifikasi bahwa berita tersebut tidak benar (tipuan). Dikatakan bahwa tidak mungkin cacing bertahan pada suhu tinggi dan tekanan sterilisasi makanan kaleng. Olahan makanan kaleng seperti halnya sarden telah melawati beberapa tahap mulai dari pengadaan bahan baku pemasakan awal, penghampaan (exhausting), proses sterilisasi dimana suhu уаng digunakan аntаrа 115 – 117 °C dеngаn tekanan 0,8 atm, selama 85 menit јіkа уаng disterilisasi аdаlаh kaleng kecil dan 105 menit untuk kaleng besar. 

    Tautan pendukung : 

    http://theindependent.sg/ayam-brand-says-viral-video-of-maggots-in-its-canned-sardines-is-hoax/ http://perikanan38.blogspot.com/2017/12/cara-pembuatan-ikan-sarden-kaleng.html 



    Berita Terkait

    [HOAKS] Gelombang Tinggi Kembali Mengamuk di Wilayah Indonesia pada 25 Maret 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Aksi Demo Desak Hak Angket pada 20 Maret 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kejari Kabupaten Taliabu

    Selengkapnya

    [HOAKS] Bumi akan Gelap selama Tiga Hari Mulai dari 8 April 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA