FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2019

    24085

    [HOAKS] Tips Jika HP Anda Kecurian Atau Kehilangan Bisa Dilacak Dengan Nomer IMEI

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan : Telah beredar postingan di media sosial facebook tentang nomer IMEI yang bisa digunakan untuk melacak handphone yang hlang atau kecurian postingan tersebut menjelaskan bahwa nomer IMEI adalah nomer yang bisa membantu melacak hp and bila hape anda hilang atau kecurian

     

    Setiap hp memiliki nomer IMEI yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan perangkat anda dimana saja di seluruh dunia.

    "Seandainya hp Anda dicuri, Anda hanya perlu email 15 digit No. IMEI ke cop@vsnl.net beserta data-2 seperti di bawah," tulis si pengirim spam tersebut. "Itu hoax. Hati-hati, mereka (si pengirim spam), mengumpulkan data privacy masyarakat.Namun ujung-ujungnya, si pengirim spam menyarankan si penerima pesan melampirkan data-data mereka, seperti nama lengkap, alamat, model hp hingga email pribadi. Bisa dibilang ini adalah jebakan alias phishing.

    Data yang terkumpul akhirnya dijual ke sales kartu kredit, kredit tanpa agunan, iklan, dan lain-lain," kata Pakar Keamanan Siber dan Kriptografi Pratama Persada kepada Tekno Liputan6.com, Selasa (9/5/2017) di Jakarta.

    Phising adalah adalah suatu metode untuk melakukan penipuan dengan mengelabui target dengan maksud untuk mencuri akun target.

    Link Counter :

    https://www.liputan6.com/tekno/read/2945978/spam-soal-imei-smartphone-di-whatsapp-berujung-jebakan

    https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180712090016-185-313481/hoaks-pesan-berantai-ponsel-hilang-bisa-dilacak-lewat-imei

    Berita Terkait

    [HOAKS] Mendikbudristek akan Mengganti Seragam Sekolah Setelah Lebaran 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Tautan Pendaftaran Gebyar Undian Grand Prize Tabungan Bank Mandiri

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Joko Widodo Perintahkan untuk Menangkap Para Pendemo Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kapal Bantuan Indonesia Tak Salurkan Bantuan ke Gaza

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA