FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    13 02-2019

    1915

    Kominfo Terus Dorong Pertumbuhan Masyarakat Hadapi Era Digital

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Komifo - Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dan berpengaruh di dunia terus meningkatkan ekosistem dan sumber daya manusia dari berbagai bidang, diantaranya dalam menghadapi era digital. Sebab, dampak positif dari era digital ialah menghadirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. 

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk mendorong masyarakat melalui program-program dan kebijakan di bidang teknologi industri. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

    "Target khusus di Kesekjenan Kominfo ini adalah bagaimana kita bisa meningkatkan kapabilitas dan kapasitas dari seluruh ekosistem di Kominfo yang orientasinya kepada kebutuhan masyarakat. Jadi, setiap kegiatan, program dan kebijakan Kominfo harus mendorong bertumbuhnya masyarakat," kata Niken.

    Melalui Biro Hukum, Niken mengatakan, Kementerian Kominfo berupaya melakukan efisiensi regulasi. Hingga tahun ini, Kementerian Kominfo telah menyederhanakan kurang lebih 30 persen dari regulasi-regulasi yang ada, termasuk dalam bidang pelayanan.

    "Kalau untuk mengurusi sesuatu itu bisa dipermudah, kenapa harus dipersulit, karena keinginan dari Bapak Menteri adalah pentingnya memperhatikan pelayanan yang prima bagi kebutuhan masyarakat dan setiap aturan tidak memperlambat stakeholder tetapi harus mempercepat," ujar Niken yang juga mantan penyiar senior ini. 

    Selain meregulasi, Niken memaparkan agar efektif dan efisien dalam penggunaan keuangan di Kementerian Kominfo pada setiap kegiatan maupun program yang dilakukan, diperlukan transparansi dan akuntabilitas sehingga seluruh kegiatan bisa dipertanggungjawabkan. 

    "Bapak Menteri selalu mengatakan jangan selalu berpikir tentang uang, tapi yang dipikirkan adalah program-program Kominfo dapat memberikan nilai kepada masyarakat. Dengan demikian, program atau kegiatan yang kita lakukan harus memberikan manfaat bagi masyarakat," lanjut Niken.

    Guna mendorong pertumbuhan masyarakat terus meningkat, Menteri Rudiantara juga melakukan reformasi birokrasi dengan restrukturisasi, misalnya suatu lembaga atau organisasi di Kominfo yang lambat dalam melakukan kegiatan maka diperlukan kebijakan restrukturisasi yang strategis.

    "Yang kita utamakan tidak hanya mengenai kecepatan suatu kegiatan atau program, tetapi juga melihat dampak bagi masyarakat kedepannya harus memiliki peningkatan dalam pertumbuhan industri, e-commerce maupun digital ekonomi," kata Niken. **

    Berita Terkait

    Kominfo Antisipasi Gangguan SFR Saat Mudik Lebaran di Bali

    Pemantauan dan pengawasan dilakukan secara intensif di sejumlah titik monitor strategis yang menjadi rute utama lalu lintas masyarakat dan p Selengkapnya

    Hindari Sanksi, Kominfo Dorong Importir Penuhi Perizinan Perangkat Telekomunikasi

    Penerapan perizinan ditujukan untuk melindungi keamanan nasional atau kepentingan umum dan melindungi hak kekayaan intelektual, melindungi k Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA