FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2019

    160

    [HOAKS] Broadcast Telur Berbintik Mengandung Bakteri Penyakit

    KategoriHoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:              

    Beredar pesan berantai mengenai telur berbintik mengandung bakteri penyakit di kalangan pengguna media sosial. Pesan tersebut berisi gambar telur berbintik disertai keterangan peringatan akan bahaya bakteri streptococcus.

     

    Faktanya, melalui penelusuran tim Detikcom terhadap kebenaran isu ini ke Kementerian Pertanian.

    Informasi yang diterima bagian Humas Kementan langsung diteruskan ke bagian Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dan Pusat Penelitian Peternakan (Puslibangnak) dan Balai Besar Penelitian Veteriner.

    Setelah dicek, badan-badan yang berada di bawah Kementan tersebut memastikan informasi yang ada di pesan singkat tersebut tidak benar.

    "Itu hoaks. Habitat streptococcus bukan di saluran pencernaan," kata Kepala Humas Kementan Agung Hendriadi setelah mendapatkan laporan mengenai pesan telur berbintik tersebut.

    Berdasarkan informasi dari tim Kementan, bintik hitam di kulit telur tidak selalu bakteri streptococus. Jikapun ada bakteri ini, tidak dapat menginfeksi manusia jika termakan.

    Agung menyarankan untuk menghindari bakteri-bakteri lainnya, setelah memegang telur diharuskan untuk cuci tangan. Perlu juga untuk membeli telur yang utuh, tidak retak, dan relatif bersih.

    "Masaklah telur dengan matang sehingga kuman-kuman yang mungkin ada dalam telur akan mati," kata Agung.

    Link Counter :                     

    //news.detik.com/berita/d-3459668/broadcast-telur-berbintik-mengandung-bakteri-penyakit?_ga=2.147399159.1769143668.1549620220-2083287064.1545182174

    Berita Terkait

    [HOAKS] Pemberhentian Sementara Tunkin Anggota TNI

    Selengkapnya

    [HOAKS] Info Jalur Rawan Begal dari Kapolres Cianjur

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Seleksi Pegawai KPK di Bali

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Pemanggilan CPNS Jalur Kebijakan

    Selengkapnya