FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2019

    4854

    [HOAKS] Uji Beras Pakai Betadine

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:              

    Telah beredar pesan berantai di platform Whatsapp yang menginformasikan cara mengecek beras mengandung kimia dengan cara meneteskan 2 tetes Betadine pada nasi yang sudah di tuangkan air secukupnya. Apabila nasi  berubah menjadi biru, maka beras tersebut mengandung pengawet.Apabila berwarna hitam, maka beras tersebut mengandung pemutih dan apabila tetap berwarna seperti Betadine, maka beras tersebut aman dari zat yang berbahaya.

    Faktanya adalah informasi tersebut adalah tidak benar. Hal tersebut telah direspon oleh BPOM, berikut adalah pernyataan dari pihak BPOM yang dilansir dari sumsel.tribunnews.com ,"Beras memiliki kandangan utama berupa amilum (biasa disebut pati) yaitu senyawa karbohidrat kompleks (polisakarida). Salah satu cara mendeteksi adanya kandungan pati adalah jika sampel pangan yang mengandung pati ditambahkan dengan larutan lodin, maka akan menghasilkan warna biru kehitaman. Maka pengujian beras menggunakan Povidone-Iodine yang menghasilkan biru-hitam tidak dapat dijadikan indikator adanya kandungan bahan kimia berbahaya seperti pengawet atau pemutih."

    Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa pesan berantai yang menyampaikan informasi mengenai pengujian beras dengan menggunakan Betadine adalah Tidak Benar.

    Link Counter :                     

    http://sumsel.tribunnews.com/2018/12/21/heboh-uji-beras-pakai-betadine-berpengawet-beredar-di-whatsapp-hoax-ini-penjelasan-bpom

    http://www.radarcirebon.com/uji-kandungan-kimia-beras-menyesatkan.html

    Berita Terkait

    [HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA

    Selengkapnya

    [HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar

    Selengkapnya

    [HOAKS] Polisi Temukan 400 Kilogram Emas Batangan di Rumah Sandra Dewi

    Selengkapnya

    [HOAKS] Presiden Jokowi Bentak Harvey Moeis atas Kasus Korupsi Timah

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA