FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    08 02-2019

    308

    [HOAKS] Uji Beras Pakai Betadine

    KategoriHoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:              

    Telah beredar pesan berantai di platform Whatsapp yang menginformasikan cara mengecek beras mengandung kimia dengan cara meneteskan 2 tetes Betadine pada nasi yang sudah di tuangkan air secukupnya. Apabila nasi  berubah menjadi biru, maka beras tersebut mengandung pengawet.Apabila berwarna hitam, maka beras tersebut mengandung pemutih dan apabila tetap berwarna seperti Betadine, maka beras tersebut aman dari zat yang berbahaya.

    Faktanya adalah informasi tersebut adalah tidak benar. Hal tersebut telah direspon oleh BPOM, berikut adalah pernyataan dari pihak BPOM yang dilansir dari sumsel.tribunnews.com ,"Beras memiliki kandangan utama berupa amilum (biasa disebut pati) yaitu senyawa karbohidrat kompleks (polisakarida). Salah satu cara mendeteksi adanya kandungan pati adalah jika sampel pangan yang mengandung pati ditambahkan dengan larutan lodin, maka akan menghasilkan warna biru kehitaman. Maka pengujian beras menggunakan Povidone-Iodine yang menghasilkan biru-hitam tidak dapat dijadikan indikator adanya kandungan bahan kimia berbahaya seperti pengawet atau pemutih."

    Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa pesan berantai yang menyampaikan informasi mengenai pengujian beras dengan menggunakan Betadine adalah Tidak Benar.

    Link Counter :                     

    //sumsel.tribunnews.com/2018/12/21/heboh-uji-beras-pakai-betadine-berpengawet-beredar-di-whatsapp-hoax-ini-penjelasan-bpom

    //www.radarcirebon.com/uji-kandungan-kimia-beras-menyesatkan.html

    Berita Terkait

    [HOAKS] Teh Sariwangi Bangkrut, Tapi Masih Beredar di Pasaran

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Panggilan Seleksi Rekruitmen Karyawan Pertamina

    Selengkapnya

    [HOAKS] Foto Mahasiswa Papua Tewas Dipukul Aparat di Surabaya

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Biji Alpukat Bisa Untuk Mengobati Sakit Ginjal

    Selengkapnya