FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 02-2019

    7927

    [HOAKS] Bayi 1 Bulan Meninggal Karena Makan Pisang

    Kategori Hoaks | mth

    KATEGORI: HOAKS

    Penjelasan:

    Beredar informasi di media sosial yang menjelaskan foto bayi berusia 1 bulan meninggal akibat diberi makan pisang. Informasi tersebut merupakan isu lama yang diangkat kembali dan meresahkan masyarakat.

    Setelah ditelusuri foto bayi yang ramai beredar tersebut sama sekali tak ada kaitannya dengan pisang. Foto itu pertama kali dipublikasikan di DailyMaiI Online pada 27 Juni 2014 yang menceritakan kesedihan Channel Miller yang kehilangan putrinya tahun 2012 lalu.Di mana Miller melahirkan sepasang bayi kembar Iaki-Iaki dan perempuan secara prematur dan harus dirawat dalam tabung inkubasi. Namun malang nasib bayi perempuan Miller. Dokter yang merawat anak tersebut melakukan kesalahan fatal. Sang dokter salah memasukan selang tabung inkubasi ke dalam jantung bayi hingga menyebabkan bayi itu terkena serangan jantung dan meninggal. Sementara saudara laki-lakinya lebih beruntung karena tak mengalami hal serupa.

    Jadi foto bayi yang meninggal karena diberi pisang adalah tidak benar atau hoaks.

    Walaupun postingan foto bayi tersebut hoaks belaka, bayi 1 bulan memang belum boleh makan pisang.

    Bayi di awah usia 6 bulan memang tidak boleh diberi makanan apapun. Ia hanya boleh menerima ASI. Pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) hanya bisa dilakukan jika usia bayi telah mencapai 6 bulan ke atas. Hal ini pun telah direkomendasikan oleh WHO.

    Meski demikian, masih ada beberapa ibu yang memberikan pisang pada bayi mereka yang belum berumur 6 bulan. Bahkan ada juga yang memberikan pisang pada bayi baru lahir dengan cara dikerok menggunakan sendok.

    Menurut Bidan Rahmi, Finalis Srikandi Award 2012 untuk kategori MDGs 4, memberikan MPASI pada bayi baru lahir berisiko fatal bagi kesehatan bayi.

    “Bahaya memberi pisang pada bayi sangat banyak, bisa menimbulkan kematian karena bisa menyebabkan usus terlipat, sembelit, diare.

    Bisa tersedak karena bayi itu belum mampu mencerna atau merespons makanan padat, sehingga bisa tersedak dan menimbulkan penyumbatan pada jalan napas. Usus terlipat karena usus bayi belum sanggup mencerna makanan padat sehingga bahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian,” jelas Rahmi pada detikcom.

    Jadi, memang benar memberi makan pisang pada bayi 1 bulan atau kurang dari 6 bulan berisiko kematian. Namun, foto bayi yang disebarkan tersebut adalah foto bayi yang meninggal karena serangan jantung.

    Link counter:

    https://id.theasianparent.com/foto-bayi-1-bulan-meninggal-karena-pisang/

    https://www.malang-post.com/ragam/fakta/hoax-bayi-1-bulan-meninggal-makan-pisang

    Berita Terkait

    [HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya

    Selengkapnya

    [HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Bukti Pembayaran Jalan Tol di Indonesia Masuk ke Pendapatan Negara Cina

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA