FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    01 02-2019

    1488

    Dirjen Aptika Kupas Langkah Kominfo dalam Pemilu Serentak 2019

    Kategori Berita Kominfo | mth

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abijani Pangerapan menjadi salah satu panelsi dikusi panel pada rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Polri Tahun 2019. Dirjen Aptika menjelaskan tentang langkah Kementerian Kominfo dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, terutama upaya menangkal hoaks.

    Kementerian Kominfo mengawal jalannya Pemilu 2019 agar berjalan kondusif dengan melakukan pemantauan konten internet melalui Sistem Cyber Drone 9. Mesin AIS itu bekerja selama 24 jam non-stop melakukan crawling dan penapisan konten-konten negatif di dunia maya.

    “Selain itu Kominfo juga terus melakukan literasi dan edukasi kepada masyarakat di berbagai kota yang ada di Indonesia untuk bagaimana menangani konten negatif khususnya terkait pemilu 2019,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan dalam acara Rapim Polri 2019 di Gedung Tribata, Jakarta, Kamis (31/01/2019).

    Sistem penapisan konten negatif Cyber Drone 9 memiliki ruangan khusus di lantai 8 Gedung Kominfo, didukung tim teknis berjumlah 58 orang. Teknik penapisan mencakup IP filtering, hosting, URL dan aplikasi, bekerja sama dengan pihak-pihak pengelola layanan.

    Diskusi itu membahas Strategi Russian Propaganda “Firehouse of Falsehood” dalam  Pemilu. Selain Dirjen Aptika, hadir pula narasumber antara lain anggota DPR RI Budiman Sudjatmiko,  Pakar Psikologi Organization Sabrina Gabrielle Anjara, Dirsiber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Albertus Rachmad Wibowo dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Djoko Setiadi.

    Dirjen Aptika  memaparkan berbagai kiat dan langkah yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo dalam  menyukseskan pelaksanaan Pesta Demokrasi 2019.  Diskusi  yang berlangsung di Gedung Tribrata Jakarta, Kamis (31/01/2019) tersebut dipandu Marissa Anita 

    Tahun ini Rapim Polri mengusung tema “Polri Yang Promoter, Siap Mengamankan Pemilu 2019 dan Menjaga Stabilitas Keamanan Dalam Negeri Guna Keberlangsungan Pembangunan Nasional” .

    Sumber

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    Awas Hoaks Mobilisasi Taruna STIN dalam Pemilu 2024!

    STIN menegaskan mereka hanya melaksanakan hak konstitusional dan menggunakan hak pilihnya, bukan melakukan operasi intelijen seperti yang di Selengkapnya

    Dirjen IKP Kominfo: Jadikan Pemilu 2024 Momentum Perkuat Persatuan

    Seluruh lapisan masyarakat memiliki tanggung jawab bersama menjaga nama Indonesia sebagai negara demokratis melalui pelaksanaan Pemilu yang Selengkapnya

    Akan Diresmikan Presiden, Kominfo Targetkan PDN Tuntas Agustus 2024

    Selain di Bekasi, Kementerian Kominfo merencanakan pembangunan PDN di Batam dan Ibu Kota Nusantara. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA