FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 01-2019

    1432

    Penuhi Target Indonesia Merdeka Sinyal, Kominfo Sewa Satelit Internet Cepat untuk Kawasan 3T

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mempercepat penyediaan akses telekomunikasi dan internet 4G untuk kawasan terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). Dengan adanya percepatan tersebut maka target Indonesia merdeka sinyal pun akan dapat terwujud lebih cepat. 

    Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo, Anang Latif menuturkan, penyediaan kapasitas satelit telekomunikasi merupakan upaya menyediakan kapasitas satelit lebih awal sembari menunggu konstruksi Proyek KPBU (Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha) Satelit Multifungsi. 

    "Sembari menunggu penyelesaian Satria (Satelit Indonesia Raya) yang ditargetkan selesai 2020, kita menyediakan akses internet cepat untuk kebutuhan layanan pendidikan, kesehatan dan pertahanan keamanan dengan kerja sama ini," ungkap Anang Latif dalam Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penyediaan Kapasitas Satelit Telekomunikasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (30/1/2019). 

    Proses lelang penyediaan kapasitas Satelit Telekomunikasi yang selesai 16 Januari 2019 lalu, telah menghasilkan lima pemenang, yaitu PT Aplikanusa Lintasarta, PT Indo Pratama Teleglobal, Konsorsium Iforte HTS, PT Pasifik Satelit Nusantara, dan PT Telekomunikasi Indonesia. 

    Penyediaan Kapasitas Satelit Telekomunikasi tersebut, kata Anang, dimanfaatkan untuk mendukung program Layanan Akses Internet (BAKTI Aksi) dan layanan backhaul BTS (BAKTI Sinyal). 

    Menurut Dirut BAKTI, setiap pemenang lelang akan menyediakan kapasitas satelit sebesar 21 Gbps (Gigabytes per second). Bahkan dengan penyediaan kapasitas itu, Anang optimistis target merdeka sinyal akan bisa terwujud dengan cepat. 

    Mulai Mei 2019 Penyediaan Kapasitas Satelit Komunikasi akan dilakukan dengan penambahan 2000 BTS menjadi total 3010 titik ditahun 2019. Untuk tahun 2020 ditargetkan bisa bertambah hingga 5000 titik. 

    "Penyediaan kapasitas satelit ini turut memperhatikan Service Level Agreement (SLA) yang telah disepakati. Jika melihat karakteristik wilayah 3T yakni minimnya akses transportasi dan sumber daya listrik, kami optimistis dengan penyediaan kapasitas satelit telekomunikasi ini, Indonesia dapat merdeka sinyal dengan cepat," ungkap Anang.

    Sumber berita: www.tribunnews.com (30/01/2019)

    Pewarta: Rusaidah

    Berita Terkait

    Ajak Warganet Meriahkan SNF 2020, Menkominfo: Sebarkan Semangat Positif dan Kreatif

    Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar festival tahunan Siberkreasi Netizen Fair (SNF) 2020. Menteri Komunik Selengkapnya

    Tiga Program Kominfo Dukung UMKM, Salah Satunya Pelatihan Digital untuk Petani

    Badai pandemi corona tak kunjung usai. Perekonomian Indonesia pun kini berada di ujung tanduk. Untuk mengahadapi himpitan ekonomi yang makin Selengkapnya

    Ini Titik Sebaran 1.000 Mesin Pintar Kominfo untuk Edukasi PSBB dan Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan 1.000 mesin pintar Akses untuk Bangsa untuk memaksimalkan penerapan Pembatasan Sosial Ber Selengkapnya

    Kominfo Gratiskan Seribu Internet Untuk Masjid Di Aceh

    Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan pemasangan internet untuk 1.000 masjid dan 1.000 pesantren di Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA