FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 01-2019

    1095

    Kemenkominfo Dampingi Petani Terapkan Teknologi Informasi

    Kategori Sorotan Media | daon001

    YOGYAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan pendampingan kepada petani dalam menggunakan aplikasi analisis data berbasis Internet of Things (IoT) dan Geographic Information System (GIS). 

    Melalui aplikasi yang terhubung dengan alat sensor tanah dan cuaca itu diharapkan produksi petani di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta akan meningkat. 

    Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika, Nizam Waham menyatakan pendampingan yang dilakukan Kementerian Kominfo merupakan implementasi pertanian presisi. Targetnya dapat meningkatkan produktivitas petani.  

    "Meski dalam implementasi ada tantangan kecukupan luas lahan kawasan pertanian untuk pertanian presisi, kemampuan petani dan penyuluh untuk menginput data pertanian presisi, serta pembiayaan investasi infrastruktur pertanian presisi,” papar Nizam dikutip dari keterangan tertulis, Senin (28/1). 

    Alat sensor tanah dan cuaca yang telah diserahterimakan akhir Desember tahun lalu itu mampu memberikan rekomendasi terkait proses produksi pertanian. Mulai dari waktu pemupukan atau pengairan yang tepat, jenis pupuk yang dibutuhkan dan dapat memprediksi kemungkinan terjadinya serangan hama saat terjadi penurunan suhu atau peralihan musim. 

    Acara itu dihadiri oleh 11 kepala dukuh dan kepala desa, Penyuluh BPP Kecamatan Ponjong serta petani dan Gapoktan di wilayah tersebut. Dalam kegiatan itu, setiap peserta, didampingi dan dilatih agar bisa membaca dan menindaklanjuti hasil rekomendasi dari alat tersebut melalui telepon seluler berbasis Android masing-masing. 

    Dukungan Kementerian Kominfo merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menerapkan inisiatif digitalisasi sektor pertanian. Petani bisa memanfaatkan aplikasi yang dikembangkan PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) itu melalui ponsel. 

    Bahkan melalui aplikasi RiTX Bertani yang akan dirilis Maret 2019, petani bisa memanfaatkan fitur tanya jawab pertanian seputar permasalahan hama dan penyakit melalui aplikasi chatbot.

    Sumber berita: www.republika.co.id (30/01/2019)

    Pewarta: Esthi Maharani

    Berita Terkait

    Kominfo Bangun 4.200 BTS Demi Desa Teraliri Internet di 2021

    Untuk memperluas jaringan layanan internet yang mengalir sampai desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana membangun 4 Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    Cara Kominfo Dukung Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendukung upaya pemulihan ekonomi Indonesia usai terhantam pandemi covid-19. Salah sa Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA