FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 01-2019

    1217

    Menkominfo Paparkan Penguatan Ekonomi Digital Asean

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Jakarta - Dewan Penasihat Forum Digital ASEAN telah memfasilitasi proses konsultasi untuk menyusun tujuan digital bersama yang membutuhkan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan pada 2018. 

    Hal ini ditegaskan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara yang juga menjabat sebagai salah satu anggota Dewan Penasihat di sela-sela penyelenggaraan World Economic Forum (WEF) 2019.  

    "Tujuan bersama ini kemudian dirumuskan sebagai Our Shared Digital Future, menyoroti sasaran di 6 bidang. Diantaranya akses dan adopsi internet, identitas digital, bisnis digital yang bertanggung jawab, keamanan cyber, tata kelola, dan berbagi data yang dapat dipercaya," kata Rudiantara dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/1/2019). 

    Pada 2019, Dewan Pengawas Digital ASEAN kembali berkolaborasi untuk mendukung pencapaian tujuan dengan memanfaatkan tiga momentum.  

    Ada tiga peluang besar pada 2019, yaitu G0/B20 2019 Pertemuan Menteri Perdagangan dan Ekonomi Digital; Agenda Internet Governance Forum 2019, peluncuran Web Foundation pada November.  

    Peluang lain yang dapat dimanfaatkan pada 2019 adalah digitalisasi ekonomi global sebesar 60 persen pada 2020, pemberdayaan pengguna melalui identitas digital yang baik, serta maksimalisasi manfaat sosio-ekonomi 5G.  

    "Seiring dengan penyebaran jaringan generasi berikutnya seperti momentum 5G, ada peluang untuk menginformasikan bisnis dan pengambilan keputusan kebijakan untuk memberikan manfaat sosial ekonomi yang inklusif," ujar dia. 

    Dalam kesempatan itu, Rudiantara memberikan masukan dalam proses perencanaan untuk Ekonomi Digital G20, serta berbagi kolaborasi pemanfaatan digital dalam forum G20 2017 dan 2018.  Forum Digital Asian yang diluncurkan April 2018 di Singapura ini dibentuk untuk mendukung perkembangan ekonomi digital yang nyata di wilayah ini.

    Sumber berita: www.liputan6.com (26/01/2019)

    Pewarta: 

    Berita Terkait

    Kominfo awali Natal dengan aksi sosial

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengawali perayaan Natal tahun ini dengan menggelar aksi sosial, sekaligus untuk mengura Selengkapnya

    Pemerintah Tuntaskan Sosialisasi Siaran Digital Periode 2020

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) bersama dengan Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) serta Kementerian Komunikasi dan Inform Selengkapnya

    Kominfo Perbaharui Aplikasi PeduliLindungi Guna Penguatan Layanan Telemedis di Masa COVID-19

    Dalam pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, layanan telemedis atau layanan kesehatan daring menjadi salah satu upaya yang tengah digala Selengkapnya

    Menkominfo: Natal 2020 Tumbuhkan Kepekaan terhadap Sesama

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, perayaan Natal tahun 2020 mengajarkan kasih dan kepekaan terhadap Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA