FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    19 01-2019

    653

    Palapa Ring Hubungkan Indonesia dengan Skema Tarif Sama

    Kategori Berita Kementerian | vera002
    Menkominfo saat meninjau Terminal Station Palapa Ring di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/01/2019). - (Sina)

    Sangihe, Kominfo- Palapa Ring akan menghubungkan seluruh Indonesia dalam jaringan telekomunikasi internet cepat. Menteri Rudiantara menyatakan pembangunan Palapa Ring ditujukan untuk mengikis gap layanan telekomunikasi antara di Pulau Jawa dengan daerah lain di Indonesia. Mengenai skema tarif, Menteri Kominfo menyatakan penetapan tarif Palapa Ring akan sama.

    “Skema tarif sama, pemerintah akan kasih diskon besar kepada operator. Sehingga tarif di Jawa dan di luar Jawa, di Barat dan Timur adalah sama. Tujuannya adalah internet ada di mana-mana dan harga jual paketnya sama,” jelasnya dalam Kunjungan Kerja untuk memantau Palapa Ring Tengah di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/01/2019).

    Palapa Ring merupakan bangunan tol informasi dalam bentuk jaringan serat optik yang menghubungkan seluruh wilayah Indonesia. Sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur.

    Proyek jaringan kabel serat optik Palapa Ring ditargetkan rampung pertengahan tahun ini. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan, Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah dan Palapa Ring Timur akan terintegrasi untuk mendukung konektivitas internet cepat. “Pada kuartal kedua tahun ini semua pembangunannya sudah 100%. Pertengahan tahun semua sudah diintegrasikan,” jelasnya.

    Menteri Rudiantara menjelaskan saat ini, Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah sudah beroperasi, sementara untuk Paket Timur sudah hampir tuntas. “Palapa Ring Timur saat ini proses pembangunannnya sudah mencapai 89%. Diharapkan dapat diselesaikan pembangunannya pada kuartal pertama 2019,” papar Rudiantara.

    Setelah semua proyek Palapa Ring in selesai, Menteri Kominfo mengharapkan seluruh daerah pelosok Indonesia dapat terhubung dengan akses internet, sehingga tidak ada lagi kesenjangan akses internet di Indonesia. "Melalui Palapa Ring semua daerah di seluruh Indonesia dapat terhubung dengan jaringan internet cepat," harapnya. (VE)

    Berita Terkait

    Bangun Indonesia Lewat Konten Positif di Media Sosial

    Perkembangan teknologi digital tidak lepas dari pengaruh media sosial. Ironisnya, beragam informasi yang tersedia tidak jarang dikemas dalam Selengkapnya

    Peringati Natal, Menkominfo Berharap Indonesia Makin Rukun

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan ucapan selamat natal kepada seluruh umat nasrani yang merayakan natal dan be Selengkapnya

    Dirjen IKP Ajak Tingkatkan Integritas dan Kerja Jadi Superteam

    Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo mengajak seluruh pegawai di lingkun Selengkapnya

    GPR Ujung Tombak Penyampaian Informasi Kinerja dan Program Pemerintah

    Sekretaris Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Sumiati mengatakan, peran Government P Selengkapnya