FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    18 01-2019

    1367

    Menkes Apresiasi Proyek Palapa Ring Permudah Kerja Tenaga Medis

    Kategori Berita Kominfo | vera002

    Kepulauan Sangihe, KominfoMenteri Kesehatan Nila Moeloek mengapresiasi ketersediaan akses internet cepat dengan jaringan tulang punggung (backbone) Palapa Ring. Menurutnya, dukungan jaringan internet memungkinkan tenaga medis berbagi informasi dan konsultasi lebih mudah.

    “Saya sudah dapat omelan karena cerewet banget soal konektivitas. Dengan adanya jaringan Palapa Ring ini saya berterima kasih sekali, karena tenaga medis di daerah bisa mengirim gambar rontgen untuk mendiagnosa penyakit juga bisa menjadi sarana berbagi informasi dan konsultasi,” ungkapnya saat melakukan video conference dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/01/2019). 

    Menkes Nila Moeloek berada di Jakarta. Ia didampingi Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beserta jajaran dokter ahli. Sementara itu tersambung pula Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dan Pusat Pengendalian Operasi Tentara Nasional Indonesia (Pusdalops TNI) di Bandung. Sementara Menteri Kominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani berada di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

    Video conference ini berjalan dengan baik tanpa ada gangguan selama kurang lebih 30 menit. Bahkan Panglima Armada 2 Pusdalops TNI menyatakan bahwa belum ada video conference sejernih ini yang pernah dilakukannya.

    Menurut Rudiantara uji coba melalui video conference itu dilakukan untuk melakukan tes sinyal dan konektivitas jaringan Palapa Ring Tengah dan Barat.  “Video conference ini dilakukan untuk melihat konektivitas dalam rangka mulai beroperasinya Palapa Ring Tengah pada awal Januari 2019,” ujar Rudiantara.

    Proyek Palapa Ring Tengah sendiri telah tuntas 100 persen pada 21 Desember 2018 lalu. Jaringan kabel serat optik sepanjang 2.995 kilometer ini melintasi 17 kabupaten dan kota. Selain 17 kabupaten dan kota layanan, jaringan Palapa Ring Tengah melalui 10 kabupaten dan kota interkoneksi.

    Jaringan Palapa Ring Tengah yang melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara itu terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km kabel darat dan 1,787,06 km kabel laut. (VE)

    Berita Terkait

    Kominfo Musnahkan Hasil Penertiban Alat dan Perangkat Telekomunikasi

    Tujuan pemusnahan barang untuk memberi kepastian hukum. Selengkapnya

    Kominfo Apresiasi Komunikasi Publik Kementan Tangani Penyakit Hewan

    Ada dua hal yang membuat Kementan berhasil menangani penyakit PMK secara cepat. Pertama kompetensi penanganan di lapangan yang mumpuni dan k Selengkapnya

    Hasil Pantauan Kominfo, Pembahasan KUHP di Media Sosial Positif

    Sosialiasi dan dialog publik yang dilakukan pun memanfaatkan berbagai media seperti media arus utama, media sosial (medsos), dan pertemuan t Selengkapnya

    Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

    Dalam agenda kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan bertemu dengan kelapa Dinas Kominfo dari 14 provinsi di Indonesia. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA