FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 01-2019

    1414

    17 April, Menkominfo Kunjungi Sulut Pantau Proyek Fiber Optik di Sangihe

    Kategori Sorotan Media | daon001

    MANADO - Proyek Palapa Ring Paket Tengah dengan pemasangan kabel fiber optik sebagai jalur internet di wilayah kepuluan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah tuntas. Besok, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara akan meninjau langsung proyek tersebut di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

    Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik Pemprov Sulut, Jeti Pulu menerangkan, sesuai informasi pemasangan kabel fiber optik tersebut telah selesai dikerjakan yang terhubung dari landing station di Mokupa hingga ke Kabupaten Sitaro, Sangihe dan Talaud. Proyek itu nantinya akan berlanjut ke Maluku.

    “17 April nanti, Menkominfo Rudiantara akan datang ke Sulut untuk memantau proyek tersebut di Kepulauan Sangihe,” kata Jeti, Selasa (15/1/2019). 

    Lanjut dia, proyek infrastruktur telekomonumasi ini dibangun sepanjang 2.995 kilometer menjangkau 27 kabupaten/kota. Wilayah Sulut masuk dalam proyek palapa ring bagian tengah. Proyek ini terus dikebut dari Mei 2018 lalu. Bahkan, Menteri Rudiantara terus menyeriusi proyek tersebut di Sulut yang ditindaklanjuti dengan kunjungannya berturutturut medio Mei-Juni. 

    “Ini tentu berkat upaya dan lobi dari Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Proyek ini terus dipacu di laut Sulut hingga kabelnya bisa terhubung hingga ke Talaud. Nantinya, tinggal dilakukan interkoneksi supaya jaringan internet dapat diakses masyarakat kepulauan di desa-desa terpencil,” ujarnya. 

    Jeti menjelaskan, manfaat proyek Palapa Ring Paket Tengah tersebut sangat berarti untuk masyarakat di kepulauan. Pasalnya, hingga kini, warga kepulauan masih disulitkan untuk mengakses internet seperti di wilayah daratan Sulut. Proyek ini akan memberikan perubahan dan dampak yang baik bagi masyarakat kepulauan kedepannnya.

    “Kualitas internetnya nanti sangat cepat. Ini akan membantu generasi muda dalam menunjang sektor pendidikan guna meningkatkan SDM, dan juga membantu masyarakat dalam segi bisnis serta hal positif lainnya,” terang Jeti. 

    Percepatan proyek tersebut mendapat antusias dan apresiasi dari sejumlah masyarakat di wilayah kepulauan. Seperti disampaikan Robert Tempo, warga Melonguane, Talaud yang menyebut, kebutuhan akan internet serta signal jaringan telepon sangat berarti bagi masyarakat yang terus menanti hingga saat ini. 

    “Kita sudah dengar proyek ini dari tahun lalu. Kita berharap dapat cepat tuntas agar masyarakat kepulauan khususnya Talaud bisa menikmati internet tersebut,” ungkapnya. 

    Robert sangat berterima kasih atas kepedulian Pemerintah Pusat yang terus dikawal dan ditunjang oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw beserta jajarannya, hingga pelaksanaan realisasi proyek tersebut bisa berlangsung cepat di Provinsi Sulut. 

    “Ini menjadi mimpi masyarakat selama ini untuk dapat mengakses internet cepat. Apalagi banyak keluarga di sini punya sudarah dan kerabat di luar daerah seperti di Manado, yang sering terkendala masalah signal dan internet saat berkomunikasi. Proyek ini merupakan solusi yang menjadi kerinduan masyarakat sejak dulu,” pungkasnya.

    Sumber berita: www.sindonews.com (15/01/2019)

    Pewarta: Rivco Tololiu

    Berita Terkait

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Warganet Sebar Hal Positif di Dunia Digital

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengajak, warga netizen (warganet) untuk menyebarkan hal-hal positif dan kreatif dalam dun Selengkapnya

    Menkominfo: produk UMKM punya potensi luar biasa

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menilai produk-produk buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki potensi yang Selengkapnya

    Tips dari Kominfo untuk Melindungi Data Pribadi di Internet

    KOMPAS.com - Ada satu hikmah di balik pandemi Covid-19, yakni menciptakan masyarakat yang lebih "melek teknologi ". Sebab, sebagian besar da Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA