FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    11 01-2019

    2658

    Tiga Tipe Orang Penyebar Hoaks di Internet Menurut Kemkominfo

    Kategori Sorotan Media | daon001

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu menjelaskan sekurangnya ada tiga jenis penyebar hoaks di internet. Tipe pertama adalah orang yang polos, tulus, dan apa adanya.

    Hal itu disampaikannya dalam Diskusi Publik Institute for Indonesia Local Policy Studies (ILPOS) dengan tema "Menjadi Pemilih Cerdas Melawan Maraknya Hoax dan Ujaran Kebencian Jelang Pemilu 2019" pada Kamis (10/1/2019) di Matraman, Jakarta Pusat.

    "Pertama adalah orang yang culun, tulus, orang yang apa adanya. Mereka yang menggunakan internet dipikir semua informasi di internet adalah benar adanya. Orang-orang tua pada umumnya. Mereka polos, mereka ikhlas menyebarkan karena mereka memang cenderung gaptek (gagap teknologi). Mereka cenderung tidak punya kemampuan mengklarifikasi di Google dan seterusnya," kata pria yang akrab disapa Nando itu.

    Tipe kedua adalah orang yang tahu bahwa itu hoax namun tetap menyebarkannya karena hoax tersebut sesuai dengan keyakinannya.

    Ia menilai, tipe kedua tersebut paling banyak dijumpai di Indonesia.

    "Mereka tahu itu hoax, tapi karena mereka tahu hoax itu mendukung keyakinannya, pilihan politiknya, memusuhi lawannya, dikirim juga. Cenderung di Indonesai banyak di situ. Jumlah orang yang tahu itu hoax tapi tetap yang disebarkan itu jumlahnya jauh lebih banyak," kata Nando.

    Ketiga adalah orang yang tahu itu hoax tapi tetap disebarkan karena bernilai uang.

    "Ada clickbite. Kita tahu bahwa konten Youtube semakin kontroversi semakin banyak diklik. Semakin banyak diklik duit mengalir. Ada ad sense di sana. Ada uang yang mengalir. Ada dollar yang mengalir," kata Nando.

    Ia menyampaikan hal tersebut dalam diskusi karena kekhawatirannya terhadap maraknya hoax menjelang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Umum Legislatif 2019 mendatang.

    Sumber berita: www.tribunnews.com (10/02/2019)

    Pewarta: Gita Irawan

    Berita Terkait

    BAKTI tuntaskan penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit

    Badan Aksesibiitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) menuntaskan program penyediaan akses internet bagi 3.126 Puskesmas dan rumah sakit s Selengkapnya

    Pemerintah Akselerasi Penyediaan Internet di Fasyankes

    Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menegaskan, pemerintah berkomitmen melakukan akselerasi penyediaan akses int Selengkapnya

    Solusi Internet Daerah 3T, Kemenkominfo Uji Coba Super Wifi

    JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah menguji teknologi Super Wifi untuk menyalurkan akses internet di ka Selengkapnya

    Ini Kampanye Pakai Masker ala Kemkominfo

    GUNA membangun kesadaran masyarakat agar dapat mematuhi protokol kesehatan secara disiplin, Kementerian Kominfo gencar melakukan upaya komun Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA