FAQ  /   Tautan  /   Peta Situs
11 01-2019

233

Kata Menkominfo Soal Pajak Pencari Nafkah di Medsos

Kategori Sorotan Media | Diani Hutabarat

Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) saat ini tengah getol dalam memantau media sosial seperti Twitter, Instagram, serta Facebook. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kepatuhan para selebriti media sosial akan pajak. 

Hal tersebut turut didukung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Bukan soal pengawasan media sosialnya, tapi lebih ke pembayaran pajak oleh para penghasil pundi-pundi dari platform berbasis internet. 

"Kita dukung pemerintah, kita dukung Kementerian Keuangan, Ditjen Pajak, untuk bisa dibayar pajaknya. Pajak itu, kalau misalnya PPN, bisa dikumpulkan oleh platform atas nama individu tadi, berarti mereka menjadi Wapu (wajib pungut)," ujarnya saat ditemui dalam sebuah kesempatan. 

"Justru kalau yang bagus itu sebetulnya platform-nya yang menjadi Wapu. Contohnya Bukalapak. Pelapak atau mitra warung dari Bukalapak itu kan juga membayar PPh, misalkan, nah ini kan bisa Bukalapak yang mengumpulkannya," katanya menambahkan. 

Pria yang kerap disapa Chief RA ini melanjutkan, praktik tersebut lebih efisien lantaran Bukalapak memiliki seluruh catatan terhadap pelapak dan mitra warungnya. Hal tersebut dianggapnya lebih efisien ketimbang 4 juta pelapak dan 500 ribu warung digital di Bukalapak harus bayar pajak masing-masing. 

"Bukan hanya Bukalapak saja ya, ini kan marketplace, kita juga bicara soal, misalnya GoJek yang bukan marketplace. Mereka juga sama sebenarnya mau memberikan kontribusi untuk memudahkan pemungutan pajak," tutur Chief RA. 

Ia pun mengaku sudah cukup sering berbicara dengan sejumlah platform mengenai hal ini. Rudiantara mengatakan bahwa mereka memang menunjukkan kemauan untuk mempermudah sistem dan proses dalam mendukung pembayaran pajak.

Sumber berita: www.detik.com (11/01/2019)

Pewarta: Muhamad Imron Rosyadi

Berita Terkait

Menkominfo : Turnamen Internasional Pacu Minat Gim Daring Nasional

Penyelenggaraan turnamen gim PUBG mobile PMCO 2019 Asia Tenggara di Tangerang, Banten, pada 22-23 Juni 2019 lalu dinilai dapat memberikan pe Selengkapnya

Ini Cara Kemenkominfo Antisipasi Dark Social Media

Fenomena dark social media mulai menghantui masyarakat, khususnya bagi mereka yang aktif di media sosial. Penetrasi internet yang tinggi mem Selengkapnya

Asosiasi, Kemenkominfo, dan Kemenperin Cari Developer IoT di 10 Kota

Asosiasi Internet of Things Indonesia (Asioti) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Kementerian Perindustrian mengadakan Selengkapnya

Kemenkominfo Jadikan Banyuwangi Percontohan & Tuan Rumah Evaluasi Program Smart City

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan evaluasi terhadap program "Smart City" daerah-daerah di Indonesia. Dalam pro Selengkapnya